Kompas.com - 14/06/2022, 14:15 WIB
Penulis Ulfa Arieza
|

KOMPAS.com - Jakarta Fair 2022 atau Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2022 akhirnya kembali digelar setelah absen selama dua tahun akibat Covid-19. Serupa dengan tahun-tahun sebelumnya, Jakarta Fair 2022 diselenggarakan di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Utara.

Oleh sebab itu, banyak masyarakat yang mengenalnya sebagai PRJ Kemayoran. Sesuai jadwal, Jakarta Fair 2022 akan berlangsung selama 39 hari, terhitung mulai Kamis (9/6/2022) sampai dengan Minggu (17/7/2022). 

Baca juga: Wisata ke Jakarta Fair 2022 Kemayoran, Simak 4 Tips Penting Ini

Kegiatan pameran dan hiburan itu, identik dengan DKI Jakarta, karena merupakan bagian dari perayaan ulang tahun ibu kota yang jatuh pada 22 Juni. Selain itu, Jakarta Fair ternyata telah berlangsung sejak puluhan tahun lalu. 

Berikut fakta-fakta Jakarta Fair yang dihimpun Kompas.com dari laman Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Utara. 

1. Jakarta Fair pertama 54 tahun lalu 

Jakarta Fair pertama kali digelar pada 5 Juni hingga 20 Juli 1968. Itu berarti, Jakarta Fair telah berusia 54 tahun. 

Jakarta Fair pertama disebut Djakarta Fair (DF) yang masih menggunakan ejaan lama. Lambat laun, ejaan tersebut berubah menjadi Jakarta Fair, yang kemudian lebih popular dengan sebutan Pekan Raya Jakarta.

Para pengunjung menonton atraksi barongsai di Jakarta Fair Kemayoran 2022 (Dok. JIEXPO) Para pengunjung menonton atraksi barongsai di Jakarta Fair Kemayoran 2022

Namun, masyarakat kini juga mengenalnya sebagai PRJ Kemayoran, lantaran lokasi penyelenggaraannya di JIExpo Kemayoran, Jakarta Utara.

Kala itu, DKI Jakarta masih berada di bawah pemerintahan Gubernur DKI Ali Sadikin. Jakarta Fair pertama dibuka oleh Presiden Soeharto, dengan melepas merpati. 

Penyelenggaraan Jakarta Fair pertama terbilang lancar dan sukses. Acara ini mampu menyedot pengunjung sekitar 1,4 juta orang.

Baca juga: 6 Aktivitas Menarik di Jakarta Fair 2022, Tak Cuma Belanja

2. Jakarta Fair pertama di Monas 

Saat ini, Jakarta Fair diselenggarakan di JIExpo Kemayoran, Jakarta Utara. Namun, ternyata Jakarta Fair pertama pada 1968 diselenggarakan di kawasan Monumen Nasional (Monas). 

Sebelum kehadiran Jakarta Fair, terdapat sejumlah pasar malam di DKI Jakarta. Namun, pelaksanaannya masih menyebar, salah satunya adalah Pasar Malam Gambir di bekas Lapangan Ikada (kini menjadi kawasan Monas). 

Baca juga: Catat Cara Beli Tiket Online Jakarta Fair 2022

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.