Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/06/2022, 20:15 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo dijadwalkan bertemu dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky di Istana Mariyinsky di Kyiv, Ukraina, Rabu (29/06/2022).

Dikutip dari siaran pers Sekretariat Kabinet RI, Jokowi menempuh perjalanan menggunakan kereta luar biasa (KLB) sekitar 11 jam dari Polandia ke Kyiv.

Baca juga: Jokowi Naik Kereta 12 Jam Menuju Ukraina, Berangkat dari Polandia

Istana yang berlokasi di Mykhaila Hrushevskoho Street tersebut memiliki bangunan yang unik, dengan warna pirus (turquoise) yang tampak berpadu dengan taman dan air mancur mungil di halamannya.

Dikutip Kompas.com dari Kyiv Post dan World History Encyclopedia, Rabu, bangunan tersebut didesain oleh arsitek Italia, Francesco Bartolomeo Rastelli dan memiliki struktur barok yang membuatnya tampak megah.

Gaya arsitektur barok, menurut Britannica, memiliki bentuk-bentuk yang relatif kompleks dan sering kali didasarkan pada betuk oval.

Istana Mariinsky di Kyiv, Ukraina.SHUTTERSTOCK/MULTIPEDIA Istana Mariinsky di Kyiv, Ukraina.

Selain itu, gaya arsitektur tersebut juga cenderung memiliki karakteristik bangunan yang agung, dramatis, serta kontras dalam lengkungan dan pencahayaan.

Gaya barok berasal dari Italia akhir abad ke-16 dan bertahan di beberapa negara, terutama Jerman dan Amerika Selatan, hingga abad ke-18.

Baca juga: Kunjungi Reruntuhan Apartemen di Kota Irpin Ukraina, Jokowi Ungkap Kesedihan

Lokasi Istana Mariinsky bersebelahan dengan parlemen Ukraina atau Verkhovna Rada.

Sebelumnya, istana dari abad ke-18 ini utamanya digunakan untuk resepsi politik, menyambut delegasi dari berbagai negara, dan tidak bisa diakses oleh publik. 

Pada 2020, Istana Mariinsky sempat dibuka untuk wisata publik, namun operasinya kerap terganggu di tengah situasi pandemi Covid-19.

Menurut Kyiv Post, mengunjungi istana ini dapat memberikan pandangan pada pengunjung tentang cara kerja dapur politik karena menyimpan banyak nilai sejarah tentang Kyiv dan Ukraina.

"Istana ini adalah wajah negara kami," ucap pemandu dan sejarawan, Lyolya Filimonova, seperti dikutip Kyiv Post.

Baca juga: Tiba di Kyiv, Jokowi Akan Temui Presiden Zelensky di Istana Maryinsky

Ilustrasi aktivitas di luar Istana Mariyinsky di Kyiv, Ukraina. Untuk menikmati pemandangan istana, wisatawan bisa mencoba sejumlah aktivitas wisata di sekitarnya, seperti tur skuter.SHUTTERSTOCK/LINDASKY76 Ilustrasi aktivitas di luar Istana Mariyinsky di Kyiv, Ukraina. Untuk menikmati pemandangan istana, wisatawan bisa mencoba sejumlah aktivitas wisata di sekitarnya, seperti tur skuter.

Sekalipun tak bisa masuk ke area istana, wisatawan bisa menjajal sejumlah aktivitas di sekitarnya.

Menurut rekomendasi para pelaku perjalanan di laman TripAdvisor, misalnya, beberapa aktivitas yang bisa dicoba seperti tur skuter atau mobil, dengan didampingi pemandu.

Baca juga: Kyiv atau Kiev? Ini Penulisan Nama Ibu Kota Ukraina dan Penjelasannya

Adapun selain Jokowi, Zelensky juga menyambut sejumlah pemimpin dunia dalam beberapa waktu terakhir, di antaranya Presiden Perancis Emmanuel Macron, Kanselir Jerman Olaf Scholz, dan Perdana Menteri Italia Mario Draghi, seperti dikutip dari Washington Post.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com