Kompas.com - 16/07/2022, 18:06 WIB

KOMPAS.com - Tradisi Sekaten merupakan salah satu perayaan yang rutin digelar di Kota Solo dan Yogyakarta setiap tahunnya. 

Sebagai info, Sekaten adalah upacara tradisional yang digelar untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Baca juga: Gamelan, Sekaten, dan Lumpia Dapat Pengakuan Dunia

Selain menggelar upacara tradisional yang sudah dilakukan secara turun-temurun, diadakan pula pasar malam untuk hiburan masyarakat.

Sebelumnya, Sekaten sempat ditiadakan pada 2020 dan 2021 akibat pandemi Covid-19. Namun pada 2022 ini, sekaten di Kota Solo rencananya akan digelar lagi.

Kapan Sekaten Solo digelar?

Wakil Pengageng Sasana Wilapa Keraton Kasunanan Surakarta  KP.H Dany Nur Adiningrat SIP menjelaskan bahwa Sekaten Solo pada 2022 akan digelar pada pada 5 sampai 12 Rabiul Awal.

Adapun Kalender yang dipakai untuk menentukan perayaan Sekaten adalah Kalender Jawa atau biasa disebut Mulud. 

“Acara Sekaten digelar selama seminggu. Nanti pada tanggal 12 Mulud (Rabiul Awal) merupakan acara puncaknya,” ujar Dany kepada Kompas.com, Jumat (16/7/2022). 

Baca juga: Pengabdian Lewat Gamelan Sekaten

Sebagai informasi pada tahun ini perayaan Maulid Nabi SAW jatuh pada Sabtu (8/10/2022). Jadi sekitar dua bulan kurang akan ada sejumlah prosesi Sekatan di Solo.

Adapun tanggal 5 Mulud atau Rabiul Awal pada tahun 2022 ini akan jatuh pada Hari Sabtu, 1 Oktober 2022.

Upacara Sekaten

Upacara Sekaten dimulai dengan dikeluarkannya gamelan pusaka keraton yang kemudian dibersihkan dan dibawa ke Masjid Agung Keraton Surakarta.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.