Kompas.com - 18/07/2022, 21:22 WIB

MBAY, KOMPAS.com - Nagekeo merupakan sebuah kabupaten di Nusa Tenggara Timur, tepatnya di tengah Pulau Flores sehingga kerap disebut "jantung" Pulau Flores.

Kabupaten ini menawarkan wisata alam, budaya, kuliner, seni, dan sejarah. Beberapa contohnya adalah tradisi masyarakat setempat, tari-tarian tradisional, atraksi seni musik, serta pegunungan dan pantai yang bisa didatangi.

Baca juga:

Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do mengatakan, Pemerintah Daerah Kabupaten Nagekeo tengah mempromosikan pariwisata kabupaten tersebut, salah satunya melalui acara.

"Fashion show tenun ikat Nagekeo di Bali adalah bagian dari promosi (tagline) 'Nagekeo the Heart of Flores'. Kami menemukan jejaring yg tepat. Melalui Indonesian Tourism Creative Cities (ITCC), studi tentang rencana induk pariwisata Nagekeo dikerjakan," jelasnya kepada Kompas.com melalui pesan singkat, Senin, (18/7/2022).

Tenun Ikat Nagekeo di Kabupaten Nagekeo, NTT tampil di fashion show Bali, Minggu, (17/7/2022). (DOK/PEMDA NAGEKEO)KOMPAS.COM/DOK/PEMDA NAGEKEO Tenun Ikat Nagekeo di Kabupaten Nagekeo, NTT tampil di fashion show Bali, Minggu, (17/7/2022). (DOK/PEMDA NAGEKEO)

Adapun acara fashion show tersebut, lanjutnya, adalah hasil kerja sama dengan Wastra Flora Nusantara, sebuah lembaga yang berfokus terhadap pengembangan 17 subsektor ekonomi kreatif.

"Melalui model kerja sama seperti ini, pariwisata bisa menjadi etalase yang menyajikan produk budaya dan ekonomi kreatif Nagekeo di pentas regional, nasional, dan internasional. Setelah Bali, produk tenun Ikat Nagekeo akan ditampilkan di Solo (bulan September) dan Belanda (bulan September) 2022 ini," ujarnya.

Baca juga:

Selain melalui acara seperti fashion show, pariwisata Nagekeo juga dipromosikan melalui berbagai berita dan pameran baik di tingkat provinsi maupun nasional.

Baca juga: Tarian Kolosal Sedamane Meriahkan Festival Literasi Nagekeo

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by e e j o (@eejo.journey)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.