Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/07/2022, 17:35 WIB

KOMPAS.com - Indonesia menyumbang jumlah pengunjung terbanyak ke Singapura sepanjang tahun 2022. Angka itu terhitung selama periode Januari hingga Juni 2022.

Dikutip dari situs Singapore Tourism Board (STB), jumlahnya mencapai 282.000. Negara asal lainnya yang juga banyak mengunjungi Negeri Singa adalah India (219.000), Malaysia (139.000), Australia (125.000), dan Filipina (81.000).

Baca juga: Situasi Terbaru Terbang ke Singapura, Mirip Seperti Sebelum Pandemi

Dalam jumlah tersebut, rata-rata length of stay atau periode menginapnya adalah 7,1 hari.

"Ini adalah lima negara dengan pengunjung internasional terbanyak ke Singapura, menyumbang 56 persen dari total kedatangan pengunjung internsional selama Januari hingga Juni 2022," ungkap Chief Executive STB, Keith Tan dalam keterangan tertulis yang dikutip Kompas.com, Kamis (28/07/2022).

Adapun jumlah kunjungan internasional naik menyusul pembukaan kembali perbatasan Singapura di bawah koridor Vaccinated Travel Framework pada 1 April 2022.

Negara dengan jumlah populasi sekitar 5,9 juta penduduk itu pun menargetkan kunjungan internasional antara empat juta hingga enam juta pada 2022.

Baca juga: 8 Tempat Wisata Baru di Singapura, Ada Museum Neraka dan Es Krim

Pada paruh pertama 2022, Singapura sudah mencatat total 1,5 juta kedatangan pengunjung atau hampir 12 kali lebih banyak dibandingkan periode yang sama pada 2021, yakni 119.000.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Keith Tan menambahkan, pertumbuhan kunjungan yang menggembirakan tersebut menegaskan daya tarik Singapura dalam hal kunjungan pariwisata dan bisnis.

"Meskipun pandemi belum berakhir, kami yakin acara-acara yang akan digelar di Singapura serta penawaran pariwisata lainnya akan terus menarik pengunjung pada sisa tahun 2022 dan seterusnya," ucap dia.

Baca juga: Seharian di Gardens by the Bay Singapura, Bisa Apa Saja?

Adapun beberapa acara yang ada dalam kalender aktivitas Singapura seperti Formula 1 Singapura, Grand Prix Singapura 2022, dan Bloomberg New Economy Forum.

Sementara beberapa atraksi baru yang bisa dinikmati pengunjung seperti Museum Neraka di Haw Par Villa, Museum Es Krim, SkyHelix Sentosa, dan Avatar: The Experience di Gardens by the Bay.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+