Kompas.com - 28/07/2022, 17:35 WIB

DAMPEK, KOMPAS.com - Pantai Sunset in The Sky Dampek, atau dikenal sebagai Pantai SUT Dampek, berada di Desa Satarpadut, Kecamatan Lambaleda Utara (LAUT), Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Camat Lambaleda Utara Agustinus Supratman menjelaskan, Pantai SUT Dampek kerap dijadikan tempat berswafoto dan berjemur oleh wisatawan lokal.

"Setiap sore saat matahari terbenam (sunset), warga lokal dan wisatawan domestik mengunjungi pantai ini untuk berswafoto, juga saat matahari terbit. Bahkan untuk berjemur di pagi hari," katanya kepada Kompas.com, Rabu (27/7/2022).

Baca juga: Presiden Timor Leste Sebut Pariwisata NTT Kelas Dunia

Pantai Sunset Under the Sky atau Pantai SUT Dampek di Lambaleda Utara, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Kamis (28/7/2022).KOMPAS.com/Markus Makur Pantai Sunset Under the Sky atau Pantai SUT Dampek di Lambaleda Utara, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Kamis (28/7/2022).

Supratman menambahkan, ada sejumlah pantai di bagian utara Kabupaten Manggarai Timur yang dapat dijadikan tempat berwisata, antara lain Pantai Ronting, Pantai SUT, Pantai Nanga Lirang, Pantai Laing Lewe, dan Tanjung Laing Lewe.

"Semua pantai siap ditata untuk tempat berwisata pantai," ujarnya.

Baca juga: Tradisi Jemput Uskup Ruteng dengan Kuda di Manggarai Timur NTT

Dipromosikan melalui berbagai acara

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Pantai SUT Dampek juga bisa dijadikan lokasi penyelenggaraan acara. Salah satunya adalah penyambutan tamu untuk turnamen Bupati Cup Matim Keenam.

"Ini cara mempromosikan wisata pantai di Kecamatan Lambaleda Utara. Pantai ini sangat unik. Pantai ini dikelola, ditata dengan baik serta para pengelola pantai menyiapkan homestay agar wisatawan menginap di homestay saat wisatawan lokal, nusantara, dan mancanegara yang berwisata di pantai ini menginap," kata Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas.

Baca juga:

Pantai Sunset Under the Sky atau Pantai SUT Dampek di Lambaleda Utara, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur, pada Kamis (28/7/2022).KOMPAS.com/Markus Makur Pantai Sunset Under the Sky atau Pantai SUT Dampek di Lambaleda Utara, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur, pada Kamis (28/7/2022).

Sementara itu, pengelola Pantai SUT Dampek dari Paroki Santo Petrus dan Paulus Dampek, Pastor Willy Ganur Gandi, Pr menjelaskan, Keuskupan Ruteng menetapkan tahun 2022 sebagai Tahun Pastoral Pariwisata Holistis.

"Orang muda Katolik (OMK) Paroki Santo Petrus dan Paulus Dampek didampingi Pastor rekanan, Pastor Ricky Panggur menata tempat ini untuk berwisata. Mereka menata dengan membangun gazebo berbentuk rumah adat Manggarai Timur, tempat duduk berbahan kayu, serta tempat untuk berswafoto," terangnya.

Baca juga: 5 Tempat Berburu Sunrise Eksotis di Perbukitan Pantura NTT

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.