Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/07/2022, 13:52 WIB

KOMPAS.com - Jakarta punya sederet taman kota nan asri yang cocok disambangi sebagai tempat nongkrong atau lokasi hangout bersama teman, keluarga, atau pasangan. 

Taman-taman ini bisa menjadi tempat melepas penat usai seharian bekerja, atau bila ingin sekadar bersantai pada akhir pekan.

Berikut sejumlah rekomendasi taman Jakarta yang bisa kamu kunjungi, sebagaimana dirangkum oleh Kompas.com.

10 taman di Jakarta untung nongkrong dan olahraga

1. Taman Cattleya

Taman Kota Cattleya tampak depanTaman Kota Cattleya Taman Kota Cattleya tampak depan

Taman Cattleya yang berlokasi di Jalan Letjen S. Parman, Kemanggisan, Jakarta Barat, ini merupakan salah satu taman yang dikelola oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Meski areanya tidak terlalu luas, hanya 31.945 meter persegi, namun Taman Cattleya tertata dengan apik sehingga memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung. 

Di taman ini tersedia jogging track bila pengunjung ingin berolahraga. Selain itu, di area taman terdapat pula fasilitas taman air dengan pancuran yang keluar dari tanah. Cocok dijadikan tempat bermain bersama anak.

Dikutip dari Kompas.com, Jumat (27/5/2022), tidak ada tiket masuk untuk Taman Cattleya. Pengunjung hanya diminta menjaga kebersihan. Taman ini buka pukul 08.00-18.30 WIB.

Baca juga: 7 Kafe Rooftop di Jakarta Barat, Ada yang Mirip Santorini

2. Taman Tabebuya

Suasana Taman Tabebuya, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta pada Kamis (15/10/2020).Dok. Suku Dinas Pertamanan & Hutan Kota Jakarta Selatan Suasana Taman Tabebuya, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta pada Kamis (15/10/2020).

Taman Tabebuya berada di kawasan Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Taman ini dihiasi aneka pepohonan dan tanaman bunga.

Di taman ini juga terdapat area bermain anak serta area kolam, sehingga pas bagi keluarga atau anak muda yang ingin piknik.

Tidak ada tiket masuk untuk taman seluas 9.626 meter persegi ini, namun pengunjung diimbau menjaga kebersihan saat berada di taman ini.

Taman Tabebuya buka pukul 07.00-17.30 WIB.

Baca juga: 10 Kafe Rooftop di Jakarta Selatan, Banyak Tempat Foto Instagramable 

3. Taman Hutan Kota Penjaringan

Taman Labirin di tengah Taman Hutan Kota Penjaringan, Jakarta Utara, diabadikan pada Rabu (17/11/2021).KOMPAS.COM/ IRA GITA Taman Labirin di tengah Taman Hutan Kota Penjaringan, Jakarta Utara, diabadikan pada Rabu (17/11/2021).

Taman Hutan Kota Penjaringan di Jakarta Utara menarik perhatian publik karena memiliki sebuah taman labirin di dalamnya.

Ribuan pohon pucuk merah tumbuh di atas lahan seluas 1.000 meter persegi dan ditata bak sebuah labirin.

Dilaporkan oleh Kompas.com, Kamis (18/7/2022), setiap warga yang hendak berkunjung harus berjalan kaki terlebih dahulu sejauh 300 meter untuk bisa sampai di taman labirin.

Selain menjadi paru-paru kota, taman ini juga menjadi sarana bermain anak-anak, sekaligus tempat berolahraga atau bersantai. Pengunjung pun tak perlu mengeluarkan biaya masuk saat beraktivitas di kawasan Taman Hutan Kota.

Baca juga: Gereja Tugu, Tempat Napak Tilas Portugis di Jakarta Utara

4. Taman Kalijodo

Taman Kalijodo Antara/ Wahyu Putro A Taman Kalijodo

Taman dengan skate park terbesar di Jakarta ini berlokasi di Jalan Kepanduan II, Kelurahan Angke, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat.

Menempati luas lahan sekitar 1,4 hektar, Taman Kalijodo menyediakan banyak ruang yang bisa dimanfaatkan.

Adapun beberapa fasilitas yang tersedia meliputi lintasan jogging, lintasan sepeda, skate park, amphiteatre, mushala, playground untuk anak, perpustakaan mini, outdoor gym, dan toilet.

Masuk Taman Kalijodo hanya dikenakan biaya parkir untuk kendaraan. Taman ini buka dari pukul 08.00 sampai 16.30 WIB.

Baca juga: 5 Tempat Nongkrong Kekinian Jakarta Barat, Cocok untuk Melepas Penat

5. Taman Hutan Srengseng

Hutan kota Srengseng yang berlokasi di Jalan Haji Kelik, Srengseng, Jakarta Barat, merupakan salah satu contoh pemanfaatan ruang terbuka hijau (RTH) di JakartaKOMPAS.com/DEA ANDRIANI Hutan kota Srengseng yang berlokasi di Jalan Haji Kelik, Srengseng, Jakarta Barat, merupakan salah satu contoh pemanfaatan ruang terbuka hijau (RTH) di Jakarta

Hutan Kota Srengseng menjadi salah satu alternatif wisata murah di Jakarta Barat.

Kamu bisa membayar mulai dari Rp 2.000 untuk berkeliling hutan kota sepuasnya.

Hutan di tengah kota ini juga disertai sejumlah fasilitas.

Tepat di sebelah lahan parkir, ada kawasan bermain anak yang dilengkapi beragam jenis permainan. Permainan seperti perosotan, jungkat-jungkit, serta beberapa permainan panjat-panjatan tersedia di area ini.

Baca juga: 5 Tempat Ngopi Kekinian di Jakarta Barat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+