Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/08/2022, 21:08 WIB
Nugraha Perdana,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Target kunjungan wisatawan ke Kota Malang telah melampaui target yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Kota Malang.

Pada tahun 2022 ini, Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang menargetkan sebanyak 1,9 juta wisatawan berkunjung ke Kota Malang.

Dari data yang ada, selama semester pertama atau Januari hingga Juni lalu sudah ada 5,9 juta wisatawan. Namun, untuk wisatawan mancanegara belum mampu menyumbang target kunjungan dan tercatat hanya 105 orang yang berkunjung.

Baca juga:

Plt Kepala Disporapar Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni mengatakan, biasanya wisatawan mancanegara hanya menjadikan Kota Malang sebagai daerah transit untuk berwisata. Rata-rata tujuan mereka ke daerah Malang untuk menikmati pemandangan Gunung Bromo.

"Wisatawan asing itu sifatnya overland ya, mereka rangkaian perjalanannya dari Yogyakarta, kemudian ke Kota Malang selama 1,9 hari di sini, kemudian menginapnya di Kota Malang dan diajak ke Bromo," kata Ida saat diwawancarai di Gedung DPRD Kota Malang pada Kamis (4/8/2022).

Baca juga: Wisatawan di Kota Malang Bisa Antisipasi Kemacetan dengan Aplikasi Ini

Alun-alun Tugu Kota Malang.
SHUTTERSTOCK/PAMBUDI YOGA PERDANA Alun-alun Tugu Kota Malang.

Wisatawan mancanegara yang datang rata-rata didominasi dari negara Malaysia, Timor Leste, China, Perancis, dan Belanda. Mereka biasanya menikmati tempat wisata dengan nilai sejarah yang menarik.

"Ada yang bernostalgia mencari sejarah tentang, 'Oh kawasan ini gimana sih ceritanya', pada prinsipnya ya story-telling, cerita tentang sejarah atau heritage, mereka biasanya ada di Jalan Idjen Boulevard, mereka juga lebih senang nongkrong di Jembatan Brantas karena menurut mereka unik," terangnya.

Pihaknya juga tidak berharap banyak terhadap kunjungan wisatawan mancanegara. Dia menilai, dengan melihat kondisi negara-negara di dunia sedang mengalami berbagai krisis, akan berdampak terhadap dunia pariwisata.

Baca juga: 5 Kampung Tematik di Kota Malang, Pas Dikunjungi Saat Libur Lebaran

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

"Kita lihat kecenderungannya, apalagi sekarang di berbagai negara ada krisis ekonomi, pangan, energi, kita tidak berani untuk khusus wisman (wisatawan mancanegara) menargetkan terlalu tinggi," katanya.

Tetapi, Ida optimistis, pergerakan wisatawan nusantara ke Kota Malang dapat optimal dengan prediksi mencapai enam juta orang. Hal itu berkaca dari peningkatan kunjungan wisatawan yang terjadi pada awal tahun 2022 ini.

Baca juga: 10 Tempat Wisata untuk Ngabuburit di Kota Malang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com