Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/08/2022, 18:54 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, beredar video viral di TikTok yang berisi keluhan wisatawan saat tengah berwisata ke Nusa Penida, Bali.

"Ke Nusa Penida tanpa driver? Jangan lagi. Susah banget buat kita antre foto, dikata-katain sama mas-nasnya wkwkw. dianaktirikan di negeri sendiri ya cuma di Nusa Penida," demikian bunyi akun TikTok @smaghf, Selasa (2/8/2022).

Baca juga:

Video tersebut memperlihatkan antrean yang cukup panjang untuk berfoto di spot ikonis Nusa Penida. Pemilik akun tersebut juga menambahkan tulisan "Big No ke Nusa Penida tanpa sewa driver".

Saat dikonfirmasi langsung oleh Kompas.com, Selly menceritakan bahwa video itu diambil pada 26 Juli 2022, ketika ia bersama enam orang teman berangkat ke Nusa Penida menggunakan sepeda motor yang sudah disewa sebelumnya.

Sebelumnya, Selly dan teman-temannya sempat mampir ke Diamond Beach, namun sesi berfoto berjalan lancar. para pengunjung dan driver menurutnya mengantre untuk foto.

Saat tiba di Kelingking Beach, kondisi sangat ramai. Untuk berfoto di salah satu spot favorit, yakni di tangga-tangga menuju ke bawah, pengunjung harus mengantre. Bahkan, demi hasil foto yang bagus, beberapa orang sampai harus memanjat.

Baca juga: Tiket Pesawat Mahal, Wisatawan Bisa ke Bali Naik Transportasi Darat

Di situ lah Selly merasa jengkel karena banyak driver yang sudah selesai memotret kliennya tidak menyingkir meski tahu ada pengunjung lain ingin berfoto. Setelah menunggu sekitar 15 menit, mereka akhirnya disela oleh pengunjung baru yang datang dengan driver.

"Alhasil kita ke atas cari spot foto lain," ujar Selly.

Di samping itu, Selly juga mengaku dirinya dan teman-temannya mendapat perlakuan kurang menyenangkan dari beberapa driver yang menurutnya kurang layak diungkapkan kepada orang asing. Ia menyesali hal itu karena merasa sebagai salah satu wisatawan, sama seperti yang lain.

"Ke sana juga bayar pake duit," tambahnya.

Setelah diunggah melalui akun TikTok, Selly cukup kaget ternyata banyak pula komentar yang mengeluhkan hal serupa ketika datang ke Nusa Penida tanpa didampingi driver. Ia pun merasa kapok untuk berkunjung kembali.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com