Video Viral Turis Diperlakukan Berbeda di Nusa Penida, Ini Tanggapan Kadispar

Kompas.com - 04/08/2022, 18:54 WIB

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, beredar video viral di TikTok yang berisi keluhan wisatawan saat tengah berwisata ke Nusa Penida, Bali.

"Ke Nusa Penida tanpa driver? Jangan lagi. Susah banget buat kita antre foto, dikata-katain sama mas-nasnya wkwkw. dianaktirikan di negeri sendiri ya cuma di Nusa Penida," demikian bunyi akun TikTok @smaghf, Selasa (2/8/2022).

Baca juga:

Video tersebut memperlihatkan antrean yang cukup panjang untuk berfoto di spot ikonis Nusa Penida. Pemilik akun tersebut juga menambahkan tulisan "Big No ke Nusa Penida tanpa sewa driver".

Kompas.com sudah mengirimkan pesan langsung (direct message) kepada penunggah video, namun hingga belum mendapatkan respons hingga berita ini ditayangkan.

Terkait video ini, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Klungkung, Gung Wedana menegaskan, tidak ada perbedaan perlakuan antara wisatawan yang menggunakan pemandu dan wisatawan tanpa pemandu.

"Tidak pernah ada yang membedakan itu di Nusa Penida, mungkin karena saking ramainya tamu, maka antre untuk berfoto di obyek wisatanya," kata Wedana kepada Kompas.com, Kamis (4/8/2022).

Ia menambahkan, panjangnya antrean ini juga dipengaruhi oleh keterbatasan waktu di Nusa Penida. Hal ini mengingat jam balik speed boat untuk kembali menyeberang, membuat wisatawan dan pemandu diburu waktu.

Baca juga: Nusa Penida Jawara Pertama Destinasi Backpacker Terbaik Dunia 2020

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Sementara itu, sebagian besar wisatawan yang datang adalah mereka yang mengikuti one day trip atau wisata selama sehari.

"Mungkin mereka kekurangan waktu untuk lebih lama, mengingat jam balik speed boat menyeberang kembali yang mengharuskan mereka segera balik. Kebanyakan wisatawan ke Nusa Penida one day trip," terangnya.

Baca juga:

Maka dari itu, ia menyarankan, demi perjalanan yang maksimal untuk menikmati keindahan Nusa Penida, wisatawan sebaiknya tinggal paling tidak sehari di destinasi wisata ini.

"Tipsnya adalah kalo ke Nusa Penida jangan hanya one day trip, tinggal sehari, baru bisa menikmati seluruh keindahan Nusa Penida," pungkasnya.

Baca juga: One Day Trip di Nusa Penida, Bisa ke Mana Saja?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.