Kompas.com - 09/08/2022, 21:01 WIB

KOMPAS.com - Ingin mencoba pengalaman berbeda saat wisata alam di Sumatera Barat, kamu bisa melakukannya dengan naik jip offroad di Ngarai Sianok.

Ngarai Sianok merupakan salah satu wisata alam andalan di Tanah Minangkabau. Lembah curam (jurang) ini tepatnya berada di perbatasan kota Bukittinggi, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam.

Jarak Ngarai Sianok dari Bandara Internasional Minangkabau adalah sekitar 82 kilometer, dan bisa ditempuh dalam waktu lebih dari dua jam.

Baca juga: Jelajahi Ngarai Sianok Sumatera Barat dengan Naik Jip Off-Road

Wisata jip offroad menyusuri Ngarai Sianok bisa dicoba dengan harga mulai Rp 300.000 per jam, per satu unit mobil.

Biaya ini sudah termasuk dengan driver atau pengemudi yang siap memandu penumpang dari awal hingga akhir perjalanan.

Adapun pemesanan dan jam perjalanan bisa disesuaikan dari permintaan penumpang, caranya dengan menghubungi pengelola jip dari komunitas Skin Bukittinggi melalui nomor 085274040704. 

Tips naik nip offroad di Ngarai Sianok

Sebelum menaiki jip untuk offroad di Ngarai Sianok, simak beberapa tips yang Kompas.com rangkum berikut ini.

1. Waktu terbaik

Untuk diketahui, medan yang dilalui saat jip offroad rute Ngarai Sianok dipenuhi lembah serta bukit hijau di sebelah kiri dan kanan.

Deretan Jip offroad saat berhenti melewati Ngarai Sianok di Sumatera Barat. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Deretan Jip offroad saat berhenti melewati Ngarai Sianok di Sumatera Barat.

Artinya, penumpang akan benar-benar berhadapan langsung dengan matahari, tanpa adanya penghalang dari pepohonan.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu memesan perjalanan pada pagi hari sekitar pukul 07.00 WIB saat udara masih sejuk, atau sekalian jalan pada sore hari di bawah pukul 15.00 WIB.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Bukittinggi yang Wajib Dikunjungi

Sesuai pengalaman Kompas.com saat naik jip pada pukul 15.30, udara di Ngarai Sianok terasa sangat sejuk dan terbebas dari panas matahari, sehingga cocok untuk berwisata.

2. Pakai baju yang nyaman

Tips selanjutnya, kenakan pakaian yang cocok untuk bermain di alam atau luar ruangan. Misalnya pakaian kaus berbahan katun dan berukuran longgar, sehingga nyaman serta bisa menyerap keringat.

Mengenakan pakaian yang nyaman saat menaiki jip offroad melewati Ngarai Sianok di Sumatera Barat. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Mengenakan pakaian yang nyaman saat menaiki jip offroad melewati Ngarai Sianok di Sumatera Barat.

Bisa juga memakai pakaian berbahan parasut, sehingga saat misalnya hujan atau dingin, tidak menyerap air serta cukup menghangatkan tubuh

Baca juga:

Untuk pakaian bawahan atau celana, sebaiknya kenakan bahan training yang memiliki elastisitas tinggi, sehingga bisa mendukung aktivitas selama bergerak mengikuti jalanan di dalam jip. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.