Kompas.com - 09/08/2022, 12:24 WIB

KOMPAS.com - Menikmati Ngarai Sianok, lembah curam (jurang) yang terletak di perbatasan kota Bukittinggi, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, bisa dilakukan dengan naik jip.

Jadi, tidak hanya menyaksikan keindahan tebing-tebing tinggi Ngarai Sianok, pengalaman baru bisa diperoleh dari melintasi sungai dan bebatuan dengan naik jip off-road.

Seperti yang Kompas.com alami saat mengikuti kegiatan "Perjalanan Wisata Pengenalan Destinasi Prioritas Pasar Domestik/Nusantara", program kerja sama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dengan maskapai Garuda Indonesia, Rabu (03/08/2022) lalu.

Baca juga: Pengalaman Jelajahi Air Terjun Proklamator, Wisata Alam Sumatera Barat

Sebelum memulai perjalanan, pengunjung dikumpulkan untuk mendapat pengarahan terkait keamanan dan keselamatan saat berkendara. Tak hanya itu, para driver yang mengemudi sudah berpengalaman mengendarai jip. 

Tentunya, hal ini tidak lepas dari CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environmental Sustainability) yang terus digiatkan di tempat-tempat wisata di Sumatera Barat.

Baca juga:

Pengalaman naik jip off-road di Ngarai Sianok

Selesai mengikuti pengarahan oleh pemandu wisata, masing-masing pengunjung dapat memilih jip yang tersedia, dengan kapasitas satu hingga tiga orang.

Titik awal untuk menaiki Jip offroad melewati Ngarai Sianok di Sumatera Barat. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Titik awal untuk menaiki Jip offroad melewati Ngarai Sianok di Sumatera Barat.

Adapun perjalanan dilakukan melewati lembah yang memanjang dan berkelok sebagai garis batas kota dari selatan ngarai Koto Gadang, sampai ke Nagari Sianok Anam Suku, dan berakhir di Kecamatan Pelupuh.

Durasinya sendiri berlangsung sekitar 1 hingga 1,5 jam, tergantung pemesanan dan lama berhenti yang diminta oleh penumpang.

Baca juga: Nagari Pariangan, Desa dengan Masjid Tua yang Unik di Sumatera Barat

Untuk rute perjalanan, masih relatif santai dan tidak melalui rintangan yang sangat sulit, karena penumpang bisa duduk dengan aman dan nyaman di kursi depan. 

Namun, medannya yang melintasi bebatuan dan sungai memang bisa membuat percikan air atau tanah mengenai pakaian penumpang. Sehingga, disarankan untuk memakai pakaian santai yang cocok untuk kegiatan outdoor (luar ruangan), selama berkegiatan off-road.

Perjalanan Jip offroad melewati Ngarai Sianok di Sumatera Barat. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Perjalanan Jip offroad melewati Ngarai Sianok di Sumatera Barat.

Sepanjang jalan, selain merasakan sensasi off-road, pengunjung bisa melihat keindahan cadas lembah di Ngarai Sianok.

Ngarai Sianok sendiri memiliki ketinggian sekitar 100 meter, yang membentang sampai sepanjang 15 kilometer, dengan lebar kurang lebih 200 meter.

Baca juga: Itinerary Wisata 3 Hari 2 Malam di Padang, Ada Batu Malin Kundang

Tidak hanya dikelilingi bukit bertebing curam dan lembah hijau, di tengah-tengah terdapat pula aliran Sungai (Batang) Sianok yang airnya sangat jernih.

Rombongan pun beberapa kali berhenti untuk mengambil gambar maupun video, dengan latar jip dilengkapi pemandangan lembah serta bukit yang indah. 

Di tengah perjalanan, terlihat lembah yang menjadi tempat tinggal kawanan kalong (kelelawar). Saat dibunyikan oleh seorang pengemudi jip, seolah-olah memanggil, kawanan kelelawar tersebut keluar dari persembunyian dan saling beterbangan. 

Baca juga: Desa Wisata Kampung Minang Nagari Sumpu, Tawarkan Wisata Budaya dan Kearifan Lokal

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.