Kompas.com - 12/08/2022, 06:06 WIB

LAMONGAN, KOMPAS.com - Ekspedisi Bengawan Solo 2022 yang dilaksanakan Komunitas Stand Up Paddle Indonesia (SUP.ID) mendapat dukungan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan.

Salah satunya melalui gelaran Bengawan Jazz Festival yang sempat menghadirkan grup musik Java Jive di Taman Kendalifornia yang berada di pinggir sungai Bengawan Solo Lamongan.

LokasiBengawan Jazz Festival tepatnya berada di Desa Kendal, Kecamatan Sekaran, Lamongan, Jawa Timur, Rabu (10/8/2022).

Baca juga: Lamongan Tempoe Doeloe Kembali Digelar Setelah Ditunda 2 Tahun

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengatakan, upaya yang dilakukan tim ekspedisi Bengawan Solo dalam proses perekaman data dan temuan, patut untuk diapresiasi.

Ekspedisi itu akan membantu Pemkab Lamongan dalam menentukan arah kebijakan dan penanganan permasalahan, yang berkaitan dengan Bengawan Solo.

Terlebih, temuan ekspedisi dapat menjadi dasar dalam pengembangan potensi desa wisata di Lamongan, terutama desa-desa sepanjang pinggiran Bengawan Solo wilayah Kabupaten Lamongan.

"Temuan-temuan yang disampaikan, termasuk dengan bagaimana Perdes (Peraturan Desa) tentang sampah. Ini tentu seiring dengan apa yang akan kita gagas, Perda (peraturan daerah) tentang kebersihan," ujar Yuhronur saat penyambutan tim ekspedisi, Rabu.

Yuhronur menambahkan, sebenarnya ada banyak potensi yang bisa diungkit dan dioptimalkan oleh desa-desa di sekitar Bengawan Solo.

Baca juga: Lamongan Punya Wisata Petik Jeruk, Bayar Cuma Rp 10.000

Adanya Bengawan Jazz Festival yang baru pertama kali digelar di Lamongan pun diharapkan bakal terus dilaksanakan secara rutin tiap tahun dalam rangka mengangkat sektor pariwisata.

Seputar Ekspedisi Bengawan Solo

Adapun ekspedisi Bengawan Solo yang dilakukan SUP.ID adalah melaksanakan misi ekspedisi bertajuk Napak Tilas Jalur Peradaban Tanah Jawa dari berbagai sisi ekologi, lingkungan, budaya, heritage, dan melihat potensi yang ada di sekitaran jalur Sungai Bengawan Solo.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.