Kompas.com - 12/08/2022, 12:31 WIB

KOMPAS.com - Berawal dari lubang besar bekas tambang timah, Danau Pading yang berlokasi di Desa Perlang, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) kini menjadi daya tarik wisata unggulan berkat kreativitas para pemuda desa setempat.

"Kita harus pastikan bahwa post-mining atau pascatambang itu bukan hanya meninggalkan musibah. Tapi kalau dikelola dengan penuh hikmah, akan menjadikan berkah," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, mengutip laman Kemenparekraf, Rabu (10/8/2022).

Menurut Sandiaga, danau ini bahkan berhasil mengantarkan Desa Perlang menembus 50 besar desa wisata terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Baca juga:

"Danau Pading ini menjadi tulang punggung dari Desa Wisata Perlang dan mereka bisa menembus 50 besar desa wisata terbaik (ADWI 2022)," ujarnya.

Danau Pading sejatinya merupakan lahan bekas tambang pasir timah yang membentuk kawah seperti danau. Sama luasnya dengan hamparan pasir yang ada di sekelilingnya.

Kejernihan air Danau Pading dapat dilihat dengan berkeliling mengarungi perairan menggunakan perahu yang bisa disewa di tepi danau.

Adapun harga sewa perahu ialah sebesar Rp 10.000 per orang untuk orang dewasa, dan Rp 5.000 per orang untuk anak-anak. 

Dulunya danau ini hanyalah tempat bersantai dan tempat mandi para pemuda Desa Perlang. Namun, kni sudah menjadi kawasan wisata yang sangat indah dan menarik untuk dikunjungi, apalagi saat siang dan sore hari.

Baca juga: Babel Tambah Wisata Bawah Laut Buatan di Perairan Pulau Bangka

Selain menyediakan spot-spot wisata, juga terdapat fasilitas penunjang kenyamanan wisatawan, seperti tempat makan, mushala, gazebo untuk bersantai, dan toilet umum.

Atraksi yang bisa dilakukan di Danau Pading adalah berjalan menyusuri dermaga di bibir danau yang terbuat dari papan, untuk berfoto ria dengan background Bukit Pading yang terlihat begitu dekat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.