Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/08/2022, 12:31 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berawal dari lubang besar bekas tambang timah, Danau Pading yang berlokasi di Desa Perlang, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) kini menjadi daya tarik wisata unggulan berkat kreativitas para pemuda desa setempat.

"Kita harus pastikan bahwa post-mining atau pascatambang itu bukan hanya meninggalkan musibah. Tapi kalau dikelola dengan penuh hikmah, akan menjadikan berkah," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, mengutip laman Kemenparekraf, Rabu (10/8/2022).

Menurut Sandiaga, danau ini bahkan berhasil mengantarkan Desa Perlang menembus 50 besar desa wisata terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Baca juga:

"Danau Pading ini menjadi tulang punggung dari Desa Wisata Perlang dan mereka bisa menembus 50 besar desa wisata terbaik (ADWI 2022)," ujarnya.

Danau Pading sejatinya merupakan lahan bekas tambang pasir timah yang membentuk kawah seperti danau. Sama luasnya dengan hamparan pasir yang ada di sekelilingnya.

Kejernihan air Danau Pading dapat dilihat dengan berkeliling mengarungi perairan menggunakan perahu yang bisa disewa di tepi danau.

Adapun harga sewa perahu ialah sebesar Rp 10.000 per orang untuk orang dewasa, dan Rp 5.000 per orang untuk anak-anak. 

Dulunya danau ini hanyalah tempat bersantai dan tempat mandi para pemuda Desa Perlang. Namun, kni sudah menjadi kawasan wisata yang sangat indah dan menarik untuk dikunjungi, apalagi saat siang dan sore hari.

Baca juga: Babel Tambah Wisata Bawah Laut Buatan di Perairan Pulau Bangka

Selain menyediakan spot-spot wisata, juga terdapat fasilitas penunjang kenyamanan wisatawan, seperti tempat makan, mushala, gazebo untuk bersantai, dan toilet umum.

Atraksi yang bisa dilakukan di Danau Pading adalah berjalan menyusuri dermaga di bibir danau yang terbuat dari papan, untuk berfoto ria dengan background Bukit Pading yang terlihat begitu dekat.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Menariknya, wisatawan tak hanya bisa menjelajah. Mereka juga bisa berkemah di dekat area Danau Pading.

Akses menuju Danau Pading Babel

Untuk mencapai Danau Pading atau yang dikenal juga dengan Kulong Atap Seng ini, harus menempuh perjalanan sekitar 30-40 menit dari Kota Koba, Bangka Tengah.

Perahu yang bisa disewa di Danau Pading, Bangka Tengah.Komunitas Wisata Danau Pading/Sariwijaya Perahu yang bisa disewa di Danau Pading, Bangka Tengah.

Namun, bisa pula ditempuh dalam waktu 1,5 jam perjalanan dengan jarak sekitar 80 kilometer (km), jika berangkat dari Bandara Depati Amir, Pangkalpinang.

Baca juga: Pemprov Babel Berencana Hadirkan Island Hopping untuk Wisatawan

Sebelum sampai di Danau Pading, wisatawan akan melewati jalan bertanah kuning sepanjang 150 meter yang belum diaspal. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com