Pemprov Babel Berencana Hadirkan Island Hopping untuk Wisatawan

Kompas.com - 21/10/2019, 20:00 WIB
Biru laut di Pulau Lengkuas yang terletak di wilayah Kecamatan Sijuk, Belitung. KOMPAS.com / Wahyu Adityo ProdjoBiru laut di Pulau Lengkuas yang terletak di wilayah Kecamatan Sijuk, Belitung.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Bangka Belitung berencana bekerja sama dengan PT. ASDP Ferry Indonesia untuk mengembangkan daya tarik wisata berupa program island hopping di Kepulauan Bangka Belitung.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan mengatakan island hopping nantinya akan mampir ke pulau-pulau yang ada di Bangka Belitung.

"Kapal ASDP ini akan berangkat ke Bangka pada pagi, lalu mampir ke pulau A, B, C lalu kembali ke Bangka sehingga dapat 4 pulau yang tereksplor," kata Erzaldi saat berkunjung ke Redaksi Kompas.com di Menara Kompas, Jakarta beberapa waktu lalu.

Baca juga: 4 Event Wisata Bangka Belitung Masuk Top 100 Calender of Event 2020

Menurut Erzaldi, program island hopping nantinya akan menggunakan kapal feri ASDP. Rute island hopping nantinya dijadwalkan berangkat pagi hingga malam.

"Kalau ASDP melihat ini (island hopping) sesuatu yang sangat bagus, ini bisa dua rute. Berangkat pagi dari Bangka dan Tanjung Pandan ke empat pulau. Wajib bersandar dua jam," kata Erzaldi.

Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan saat berkunjung ke Menara Kompas, Jakarta.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan saat berkunjung ke Menara Kompas, Jakarta.

Menurutnya, waktu dua jam saat kapal berhenti bisa digunakan penumpang kapal untuk berlibur di pulau-pulau yang dilewati. Erzaldi mengatakan bisa menikmati pemandangan pantai dan air laut yang bersih di pulau-pulau yang disinggahi.

"ASDP kami subsidikan agar bisa melayani rute ini (island hopping) tapi tolong biar penumpangnya banyak, kamu kelola pariwisatanya," kata Erzaldi.

Baca juga: Pantai Tapak Hantu, Destinasi Wisata Unggulan di Bangka Tengah

Adapun rencana island hopping ini juga diharapkan bisa mengembangkan amenitas di pulau-pulau yang dilewati rute island hopping. Erzaldi lebih lanjut ingin PT. ASDP juga bisa mengembangkan rumah-rumah di pulau-pulau yang ditinggali warga menjadi homestay yang layak dikunjungi wisatawan.

"Di sini orang butuh tempat tinggal yang bersih karena pantai dan pulau itu bersih," tambah Erzaldi.

Bangka Belitung merupakan salah satu kabupaten kepulauan di Indonesia. Erzaldi menyebutkan ada sekitar 950 pulau dan sebanyak 550 pulau sudah memiliki nama.

Bangka Belitung sendiri terkenal dengan wisata bahari ke pulau-pulau. Salah satu yang populer adalah island hopping ke Pulau Lengkuas di Belitung.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X