Kompas.com - 13/07/2022, 12:51 WIB

KOMPAS.com - Pulau Belitung dengan keindahan pantai dan alam bawah lautnya cocok dikunjungi jika ingin lari sejenak dari rutinitas pekerjaan dan keseharian.

Jaraknya dari ibu kota juga tak begitu jauh jika ditempuh menggunakan transportasi udara. Dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten ke Bandara Internasional HAS Hanandjoeddin di Tanjung Pandan bisa ditempuh dengan penerbangan langsung hanya dalam sekitar satu jam saja.

Baca juga: 5 Kegiatan Seru di Pulau Belitung, Wisata ke Pantai Laskar Pelangi

Sebelum mendaratkan kaki di Pulau Laskar Pelangi ini, pastikan sudah menyusun itinerary perjalanan terlebih dulu agar liburanmu bisa maksimal dan menyenangkan.

Berikut ini adalah rekomendasi jadwal perjalanan atau itinerary Belitung selama dua hari satu malam yang bisa kamu gunakan.

Pilihan transportasi

Menyewa sepeda motor atau mobil langsung di sekitar area bandara bisa menjadi opsi terbaik untuk menunjang liburanmu di sini.

Sebab, belum ada transportasi umum yang bisa menjangkau seluruh area. Adapun keberadaan ojek online hanya berputar di sekitar area perkotaan saja.

Baca juga: Napak Tilas Film Laskar Pelangi di Pantai Tanjung Tinggi Belitung

Menurut informasi dari Jaenuddin, warga lokal yang menjadi pemandu wisata Kompas.com ketika berkunjung ke sana, satu unit sepeda motor bisa disewa dengan tarif mulai dari Rp 70.000 sampai dengan Rp 80.000.

"Kalau mobil tergantung jenisnya, yang paling umum Avanza gitu. Sehari Rp 350.000 lepas kunci, kalau all in supir Rp 500.000 sampai Rp 600.000, itu 24 jam," tutur Jaenuddin kepada Kompas.com, Selasa (05/07/2022).

  • Sarapan di Mie Belitung Atep

Jika mengambil penerbangan paling pagi dari Bandara Soekarno-Hatta, kamu bisa tiba di Belitung pukul 07.30 WIB. Nah, waktu yang tepat untuk sarapan dulu sebelum menuju hotel atau destinasi lain.

Mie Belitung Atep jadi opsi yang pas, karena lokasinya pun hanya sekitar 20 menit saja dari bandara. Hangatnya mi dengan rasa gurih-manis memberi kenyamanan pada perut usai menempuh perjalanan jauh.

Seporsi Mie Atep Belitung yang disajikan di atas daun simpur.Kompas.com/Wasti Samaria Simangunsong Seporsi Mie Atep Belitung yang disajikan di atas daun simpur.

Di atas sebuah piring yang dialasi selembar daun simpur, tersaji mi kuning bersama kentalnya kaldu udang, dengan taburan udang rebus, kentang rebus, potongan tahu goreng, irisan timun, dan emping melinjo.

Baca juga: Kisah Mie Atep Belitung, Kuliner Legendaris Sejak 1973

Satu porsi mi belitung dihargai Rp 20.000 dan nasi tim Rp 22.000. Kamu juga bisa membeli minuman khas Belitung di kedai ini, yaitu sirup jeruk kunci seharga Rp 35.000 untuk ukuran 350 ml.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.