Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/08/2022, 19:09 WIB
Viona Pricilla,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seorang pendaki terjatuh di Puncak Gunung Rinjani di Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada Jumat (19/8/2022). Peristiwa ini lantas menjadi fokus utama pihak Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) untuk mengevakuasi korban dan memberi imbauan bagi para pendaki ke depannya.

Pendaki warga negara asing (WNA) asal Portugal ini, terjatuh di lereng gunung dari Puncak Gunung Rinjani ketika hendak berswafoto.

Kejadian ini terjadi pada pukul 05.30 Wita, dan telah dikerahkan tim gabungan untuk mengevakuasi korban.

Untuk diketahui, daerah Puncak Gunung Rinjani ini terbilang tidak terlalu luas untuk berfoto-foto. Terutama di sisi barat puncak, lokasinya langsung menghadap ke tebing curam.

Baca juga:

Ilustrasi Gunung Rinjani.SHUTTERSTOCK Ilustrasi Gunung Rinjani.

Menanggapi hal ini, selain mengerahkan tim gabungan untuk evakuasi, pihak Balai TNGR juga mengimbau para pendaki agar lebih berhati-hati di lokasi berbahaya.

"(Untuk) mengingatkan kepada Trekking Organizer (TO), guide (pemandu), dan porter untuk lebih menjaga tamunya dan lebih berhati-hati di lokasi yang berbahaya," jelas Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai TNGR, Dwi Pangestu, kepada Kompas.com, Jumat (19/08/2022).

Ia juga menyebutkan bahwa pendaki telah diberikan pengarahan (briefing) sebelum masuk ke jalur pendakian. Bahkan sejak memesan tiket pun, pendaki sudah harus membaca dan menyetujui prosedur operasi standar (standard operating procedure atau SOP) yang berlaku.

Selain itu, Dwi juga mengimbau agar para pendaki tidak memaksakan kondisi mereka jika merasa lelah.

Ke depannya, agar hal ini tidak terjadi lagi, pihak Balai TNGR akan menambah papan imbauan petunjuk dan larangan. Di beberapa titik jalur juga telah dipasangi tanda pembatas dan railing.

Baca juga: 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com