Kompas.com - 24/08/2022, 14:06 WIB

KOMPAS.com - Jika berwisata ke Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), salah satu tempat makan bernuansa desa yang bisa dikunjungi adalah Kandang Ingkung.

Selain berkonsep desa, tempat ini juga menawarkan pengalaman bersantap di alam terbuka atau luar ruangan (outdoor) sehingga suasana asri terasa semakin kental.

Baca juga:

Dari area pintu masuk, suasana pedesaan sudah terasa dengan adanya pohon-pohon besar yang rimbun.

Selain itu, di bagian depan terdapat gerobak sapi dan bangunan khas rumah limasan kayu, yang ciamik untuk dijadikan spot foto.

Berjalan ke dalam, Kandang Ingkung memiliki area yang cukup luas dengan berbagai pilihan tempat duduk. Di antaranya lesehan dengan tikar, kursi kayu di luar ruangan, maupun kursi kayu di dalam bangunan limasan yang diberi tanda pendopo nomor sekian. 

Baca juga: Lebih dari 1 Juta Wisatawan Kunjungi Sleman Saat Libur Lebaran 2022

Menyantap ayam ingkung dan minuman tradisional

Rumah makan Kandang Ingkung di Sleman, Yogyakarta. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Rumah makan Kandang Ingkung di Sleman, Yogyakarta.

Sesuai namanya, Kandang Ingkung menyajikan hidangan utama berupa ayam ingkung atau ingkung ayam, sajian ayam yang dimasak dengan bumbu komplet dan ditambah kuah santan kental.

Ingkung ayam di tempat ini bisa dinikmati sesuai selera, yaitu dengan digoreng atau diberi kuah santan, lalu disajikan di atas tampah bersama menu pelengkap lainnya.

Baca juga: Resep Ayam Ingkung Jawa Empuk Tanpa Presto, Sajian Acara Spesial

Menu pelengkap tersebut adalah oseng jantung pisang, oseng daun pepaya, sambal, mentimun, lalap, peyek bayam, dan garang asem bambu yang memiliki cita rasa khas Jawa.

Hidangan andalan berupa sajian ingkung ayam ini bisa dipesan utuh atau per paket. Jika ayam utuh dengan nasi, harganya mulai Rp 149.000 untuk porsi empat hingga lima orang, sedangkan untuk paket satu orang dengan ayam seperempat ekor, harganya mulai Rp 39.000.

Sajian paket ayam ingkung di Rumah makan Kandang Ingkung di Sleman, Yogyakarta. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Sajian paket ayam ingkung di Rumah makan Kandang Ingkung di Sleman, Yogyakarta.

Saat Kompas.com datang berkunjung, Kamis (18/8/2022), terlihat seporsi paket ayam ingkung berukuran besar di atas tampah beralaskan daun pisang. 

Semua menu yang disajikan juga terasa lezat dan lengkap, mulai dari cita rasa gurih, pedas, dan asin dari keenam hidangan. Meski ukuran ayamnya hanya seperempat ekor, tapi tetap mengenyangkan. 

Camilannya juga beragam. Mulai dari pisang goreng kepok kuning, bakwan jagung, tempe mendoan, tempe garit goreng, hingga singkong keju seharga Rp 8.000 - Rp 14.000.

Baca juga: Puas Jelajah Nglanggeran, Saatnya Beli Topeng dan Santap Ingkung Ayam

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.