Kompas.com - 13/09/2022, 16:15 WIB

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Berkunjung ke Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) belum lengkap jika pulang tak membawa oleh-oleh khas lokal.

Selain kain tenun, ada beberapa oleh-oleh khas Labuan Bajo yang bisa dibawa pulang, seperti kudapan atau produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Labuan Bajo, Bisa ke Mana Saja?

Di Exotic Komodo, misalnya, terdapat beberapa produk oleh-oleh yang dapat dipilih, seperti kain tenun NTT, kaos, suvenir berbentuk Komodo, kopi, serta makanan khas Labuan Bajo dan NTT.

"Hingga kini kami sudah menampung 350 produk UMKM yang dipasarkan di sini," ujar Owner Exotic Komodo Vincentius Felix Sudijono kepada media, Senin (12/09/2022).

Untuk kain tenun NTT, seperti kita ketahui, memiliki beragam motif yang bisa menjadi pilihan.

Baca juga: Asal Mula Kain Songke Motif Mata Manuk Khas Manggarai dan Maknanya

Seperti diberitakan Kompas.com (15/05/2022), songke alias tenun ikat khas Manggarai, misalnya, juga sudah cukup dikenal luas.

Salah satu motifnya yang paling populer adalah motif mata manuk atau mata ayam.

Maria Elisabeth C. Pranda, menunjukkan Kain Songke Motif Mata Manuk, di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT.Kompas.com/Nansianus Taris Maria Elisabeth C. Pranda, menunjukkan Kain Songke Motif Mata Manuk, di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

Mata ayam yang berbentuk bulat dianggap mewakili filosofi ketajaman pengelihatan dan melihat sesuatu dengan yakin.

Mata manuk dianggap lebih tajam dan peka, diangkat sebagai motif songke karena erat kaitannya dengan kehidupan religius masyarakat Manggarai Barat.

Baca juga: 4 Fakta Bandara Komodo di Labuan Bajo yang Baru Diresmikan Jokowi

Lalu, ada pula motif kain tenun NTT yang relatif lebih sederhana, yakni motif puncatiti, yang menggambarkan hubungan antara Sang Pencipta dan manusia sebagai ciptaan-Nya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.