Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KABAR PERBANKAN

Fasilitasi Pembayaran AliPay dan WeChat Pay, CIMB Niaga Permudah Wisatawan China untuk Bertransaksi di Indonesia

Kompas.com - 03/11/2022, 22:48 WIB

KOMPAS.com – PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) siap memfasilitasi transaksi pembayaran dengan Quick Response (QR) inbound cross border bagi para wisatawan, tenaga kerja, serta masyarakat China menggunakan dompet digital AliPay dan WeChat Play pada berbagai merchant mitra di Indonesia.

Fasilitas disiapkan menyusul diterimanya pelaporan dari CIMB Niaga ke Bank Indonesia (BI) bahwa CIMB Niaga merupakan bank resmi yang telah mendapatkan izin transaksi pembayaran digital AliPay. Sebelumnya, CIMB Niaga juga telah menerima izin untuk transaksi WeChat Pay.

Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Noviady Wahyudi mengatakan bahwa saat ini, CIMB Niaga menjadi satu-satunya bank di Indonesia yang melayani pembayaran dari dua dompet digital tersebut.

Baca juga: Kunjungan Wisatawan ke Labuan Bajo NTT Ditargetkan 1,5 Juta per Tahun

Noviady mengatakan bahwa implementasi transaksi tersebut dapat dilakukan atas kerja sama CIMB Niaga dengan Alipay.com Co Ltd sebagai pemilik AliPay dan TenPay selaku pemilik aplikasi WeChat Pay, serta PT Arash Digital Rekadana dan Swiftpass Global Limited sebagai integrator sistem dan penyedia layanan teknis.

“Kami senang bisa melayani pembayaran QR inbound cross border bagi para wisatawan, tenaga kerja, serta masyarakat China pengguna AliPay dan WeChat Pay yang tengah berada di Indonesia,” ujar Noviady dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (3/11/2022).

Layanan tersebut, lanjutnya, kini dapat dinikmati di berbagai merchant mitra CIMB Niaga pada sejumlah destinasi wisata yang tersebar di Jakarta, Bali, dan Lombok, serta bandara internasional.

“Kami berharap, inisiatif tersebut dapat mendukung pengembangan industri pariwisata di Indonesia,” kata Noviady.

Implementasi transaksi AliPay dan WeChat Pay tersebut dilakukan menggunakan QR pada alat penerima transaksi pembayaran CIMB Niaga. Alat tersebut seperti mesin electronic data capture (EDC) CIMB Niaga, Static QR (tent card dan sticker), dan aplikasi yang diunduh di perangkat merchant.

Baca juga: CIMB Niaga Siap Fasilitasi Transaksi WeChat Pay

Adapun transaksi pembayaran tersebut dilakukan memakai mata uang rupiah sesuai jumlah yang telah disepakati pengguna dan merchant.

Sebagai informasi, aplikasi dompet digital AliPay dan WeChat Pay hanya dapat dimiliki oleh pengguna dari China dengan sumber dana dari rekening kartu debit dan kartu kredit yang diterbitkan oleh layanan perbankan China.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+