Kompas.com - 24/11/2022, 08:08 WIB

KOMPAS.com - Viral di media sosial, video rombongan mobil Rubicon dan Land Cruiser yang memaksa masuk kawasan Gunung Bromo, lantaran mengaku punya surat undangan di acara gubernur.

Pengemudi bahkan sampai adu mulut dengan petugas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) yang mengadang rombongan.

Baca juga:

Padahal acara dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur itu baru akan dilaksanakan pada 3 Desember 2022, sebagaimana diberitakan Kompas.com, Rabu (23/11/2022).

Mobil non-jeep tidak boleh memasuki lautan pasir Bromo

Menanggapi kabar itu, Humas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Syarif Hidayat (Ayip) menegaskan bahwa saat ini kendaraan roda empat selain jeep tidak diperbolehkan memasuki area lautan pasir di kawasan Gunung Bromo.

"Betul, kendaraan roda empat non-jeep tidak boleh masuk lautan pasir," ucap Ayip saat dikonfirmasi Kompas.com, Rabu.

Edelweiss BromoShutterstock Edelweiss Bromo

Sebelumnya, kata dia, atas kesepakatan dengan pelaku jasa wisata (pelaku usaha wisata jeep), pihaknya memang memberi ruang untuk komunitas kendaraan non-jeep bisa masuk ke kawasan Bromo.

Baca juga: 4 Pintu Masuk Wisata Gunung Bromo, Jangan Sampai Salah Lokasi

Ketentuan ini dibarengi dengan beberapa catatan pembatasan, yaitu jenis mobil harus 4X4, tidak boleh lebih dari 20 kendaraan dan 40 orang, serta tidak pada waktu libur atau akhir pekan.

"Tapi pada perkembangannya di lapangan menimbulkan polemik, sehingga kemudian kebijakan tersebut kami kaji dan evaluasi kembali," pungkasnya.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.