Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/11/2022, 19:38 WIB

KOMPAS.com - Memasuki bulan Desember, artinya musim dingin mulai tiba di negara-negara di Eropa. Salah satu negara yang cocok untuk menghabiskan waktu liburan musim dingin, adalah Swiss. 

Swiss atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Switzerland, merupakan sebuah negara yang terletak di benua Eropa, tepatnya Eropa Barat.

Negara ini salah satunya terkenal akan udara dingin dengan wilayah salju. Sebab, sebagian besar wilayahnya berada di pengunungan Alpen.

Baca juga:

"Banyak wisatawan yang mulai kembali melakukan perjalanan. Menjelang musim dingin, wisatawan bisa menemukan beberapa hal menarik di Swiss untuk liburan mereka," ujar Marketing Representative Switzerland Tourism Vidia Panna dalam webinar, Rabu (30/11/2022). 

Berikut beberapa alasan mengapa Swiss menjadi salah satu negara yang dinilai tepat untuk menghabiskan waktu liburan musim dingin. 

1. Tuan rumah olahraga salju

Vidia mengatakan, Swiss sejak dulu identik dengan salju dan dikenal menjadi incaran wisatawan dari berbagai dunia, terutama penyuka olahraga es. 

"Sejak 1864, Swiss telah menjadi tuan rumah untuk snow sport (olahraga salju). Sehingga, kami juga telah berpengalaman menyajikan aktivitas berbasis salju," ujar Vidia. 

Baca juga: Jangan Salah, Ini Beda Kereta Panorama Bernina dan Glacier di Swiss

Menurutnya, waktu terbaik mengunjungi pegunungan Swiss adalah saat musim dingin. Adapun salah satu kegiatan paling dicari yang harus dicoba saat datang ke Swiss di musim dingin adalah bermain ski dan snowboarding. 

2. Memiliki pegunungan tertinggi di Alpen

Turis Indonesia bermain ski di Pegunungan Alpen di sisi Les Avanchers, Valmorel, Perancis, Senin (9/4/2018). Pegunungan Alpen di sisi Les Avanchers merupakan salah satu tempat bermain ski untuk pemula.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Turis Indonesia bermain ski di Pegunungan Alpen di sisi Les Avanchers, Valmorel, Perancis, Senin (9/4/2018). Pegunungan Alpen di sisi Les Avanchers merupakan salah satu tempat bermain ski untuk pemula.

Lebih lanjut, katanya, sekitar 60 persen atau sebagian besar wilayah Swiss merupakan bagian dari Pegunungan Alpen.

Tidak hanya diisi dengan pegunungan yang cantik, Swiss memiliki gunung-gunung yang sangat tinggi. Ada sekitar 48 puncak dengan ketinggian 4.000 meter di atas permukaan laut. 

"Bisa dibayangkan indahnya pemandangan dari atas sana," katanya. 

Baca juga: Mengenal Sungai Aare, Sungai Terpanjang di Swiss dari Pegunungan Alpen

3. Punya lereng terpanjang

Di samping puncak yang tinggi, pegunungan di Swiss juga dikatakan memiliki lereng (slope) yang sangat panjang. Inilah yang membuat bermain ski di Swiss terasa berbeda dibandingkan tempat lainnya, kata Vidia. 

Swiss memiliki jalur ski terpanjang di dunia yakni dari Klein Metterhorn ke Valtournenche, yang panjang lintasannya mencapai 22 kilometer. 

"Para pemain ski akan sangat menikmati bermain ski di Swiss. Tak hanya itu, lereng panjang bisa digunakan untuk bermain di area salju yang luas," ungkap dia. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+