Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/12/2022, 18:06 WIB

KOMPAS.com - Jika ingin berlibur singkat ke kawasan Eropa, tepatnya negara-negara Schengen, kamu perlu mengurus visa untuk izin tinggal sementara.

Adapun masa berlaku visa Schengen, umumnya dikeluarkan untuk masa tinggal maksimum 90 hari dalam jangka waktu enam bulan.

"Masa berlaku visa Schengen tergantung pada pengajuan yang dilakukan, atau kebijakan yang diberikan kedutaan masing-masing negara karena ada yang durasinya singkat, namun ada juga yang karena sudah sering bepergian diberi waktu lebih lama," kata Head of Communication Golden Rama Tours and Travel saat dikonfirmasi Kompas.com, Kamis (1/12/2022).

Baca juga: 3 Tips Bikin Visa Schengen, Jangan Beri Itinerary Fiktif

Sedangkan untuk pengurusan visa Schengen, masyarakat bisa melakukannya secara mandiri dengan mendaftar lewat laman vfsglobal.com, atau melalui agen perjalanan konvensional.

Sebagai informasi, negara-negara yang memerlukan Visa Schengen tersebut meliputi Belgia, Denmark, Jerman, Finlandia, Perancis, Yunani, Italia, Luksemburg, Austria, Portugal, Belanda, Norwegia, dan Spanyol.

Baca juga: Kroasia Gabung Jadi Negara Anggota Schengen per 1 Januari 2023

Ada pula Swedia, Islandia, Estonia, Hungaria, Latvia, Lithuania, Malta, Poland, Slovenia, Slovakia, Republik Ceko, Swiss, dan Liechtenstein.

Kisaran biaya bikin Visa Schengen

Visa Schengen bisa diurus secara mandiri maupun lewat agen perjalanan konvensional, tentunya dengan tarif yang berbeda.

Namun pada prinsipnya, baik pengajuan mandiri maupun lewat agent perjalanan, sama saja, sama-sama tergantung pada negara terlama mana yang akan dikunjungi.

Ilustrasi Spanyol. Negeri Matador adalah satu dari dua negara Uni Eropa yang masih menerapkan aturan pembatasan Covid-19 bagi pelaku perjalanan internasional.PEXELS/MIKHAIL NILOV Ilustrasi Spanyol. Negeri Matador adalah satu dari dua negara Uni Eropa yang masih menerapkan aturan pembatasan Covid-19 bagi pelaku perjalanan internasional.

Misal, saat akan berwisata 10 hari di Eropa, lalu berkunjung empat hari di Austria, tiga hari di Jerman, dan tiga hari di Belgia, maka tarif visa yang akan dikenakan adalah tarif Visa Schengen Austria, begitu pula negara lainnya.

Contohnya saja, berdasarkan informasi yang Kompas.com terima dari call center VFS Global Austria, pada Kamis (1/12/2022), pengurusan Visa Schengen Austria bagi wisatawan usia 6-12 tahun akan dikenakan visa fee Rp 620.000, dan untuk dewasa tarifnya Rp 1.240.000.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+