Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungan Wisata ke Balikpapan Naik 24 Persen pada 2022

Kompas.com - 27/01/2023, 18:41 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Kunjungan wisata ke Balikpapan, Kalimantan Timur disebut naik 24 persen dari tahun sebelumnya.

Menurut Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Balikpapan, kunjungan tersebut didominasi berasa dari berbagai daerah di Indonesia, seperti dikutip Tribun Kaltim, Jumat (27/1/2023).

"24 persen dari wisatawan nusantara. Ada government yang memang kebetulan berkegiatan di Balikpapan. Ada juga yang berlibur," ucap Kepala Disporapar Balikpapan, Ratih Kusuma, Jumat (27/1/2023).

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Balikpapan yang Wajib Dikunjungi

Untuk tahun ini, Balikpapan menargetkan kenaikan 50 persen kunjungan wisatawan, termasuk meningkatkan angka wisatawan asing.

Selain mempromosikan destinasi wisata, cara lainnya adalah menambah gelaran event.

"Kita harus punya strategi untuk mempromosikan. Bagaimana mereka melihat destinasi wisata kita, apa yang tidak mereka punya disana dan lain-lain," ucap dia.

Baca juga: Serba-serbi Banjarbaru, Ibu Kota Baru Kalimantan Selatan

Pilihan wisata Balikpapan

Pengunjung melintasi jembatan tali yang menghubungkan satu pohon dengan pohon lain dengan ketinggian 30 meter di wisata alam Bukit Bangkirai, Samboja, Kutai Kartanegara, Jumat (25/10/2019). KOMPAS.com/ZAKARIAS DEMON DATON Pengunjung melintasi jembatan tali yang menghubungkan satu pohon dengan pohon lain dengan ketinggian 30 meter di wisata alam Bukit Bangkirai, Samboja, Kutai Kartanegara, Jumat (25/10/2019).

Balikpapan, yang dikenal sebagai salah satu pusat bisnis dan industri di Pulau Kalimantan juga memiliki sejumlah destinasi wisata menarik untuk dikunjungi, seperti dikutip Kompas.com.

Jika ingin mengunjungi wisata pantai bisa mampir ke Pantai Melawai, Pantai Lamaru, Pantai Serumpun, dan Kampung Air Atas.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Sekitar Istana Negara di Kalimantan Timur

Adapula destinasi wisata alam lain, seperti Bukit Bangkirai dan Bukit Batu Dinding.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com