Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/01/2023, 13:39 WIB
Markus Yuwono,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pantai Gesing, Kalurahan Girikarto, Kapanewon Panggang, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), sudah berubah total.

Tidak ada lagi pasir putih yang dulu menjadi andalan, sudah berubah jadi bangunan beton nantinya akan menjadi lokasi sandar kapal

Dari pengamatan di lapangan, ada beberapa wisatawan yang masih datang. Selain langsung balik, ada juga yang datang untuk membeli seafood di warung yang masih berdiri.

Baca juga: Pantai Gesing di Gunungkidul Tak Lagi Sama, Akan Berubah Jadi Pelabuhan

Untuk mobil, tarif parkirnya Rp10.000 per kendaraan. Menuju Pantai Gesing dapat ditempuh sejauh 45 km atau sekitar 1 jam perjalanan menuju Kapanewon atau Kecamatan Panggang.

Jika dari arah Yogyakarta, pengunjung bisa melalui Pantai Parangtritis, naik ke wilayah Kapanewon Purwosari, lalu menuju ke ke arah wonosari melalui Kapanewon Panggang. Nantinya, sudah ada plang petunjuk menuju Pantai Gesing.

Jalanan relatif sudah bagus, dan halus. Memang dibutuhkan konsentrasi tinggi saat berkendara karena khas jalanan di kawasan pegunungan dengan kontur jalan tanjakan, tikungan, dan turunan.

Menuju ke arah Pantai Gesing, sekitar 300-an meter ada gapura baru di sisi timur. Itulah nanti pintu masuk ke kawasan pelabuhan yang saat ini masih dalam proses pembangunan.

"Biasanya yang mampir ke sini (pantai Gesing) setelah berwisata dari heha atau teras kaca," kata salah seorang pedagang bernama Supadi ditemui di pantai Gesing Minggu (29/1/2023).

Pantai Gesing tak lagi menarik

Sejak dimulainya pembangunan pelabuhan, praktis Pantai Gesing berubah dan kurang menarik  lagiuntuk dikunjungi.

"Sejak pasirnya hilang itu pengunjung cuma sebentar dan balik. Hanya sedikit yang beli makanan. Sudah tidak seperti dulu," kata Supadi.

Namun, ia memperkirakan nantinya jika pelabuhan sudah jadi, maka wisatawan akan kembali lagi.

Baca juga: Panduan Wisata ke Restoran Tepi Pantai Segara by Inessya di Gunungkidul

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Mohammad Arif Aldian menyampaikan, saat ini di Pantai Gesing sedang dibangun pelabuhan dan masih bisa dikunjungi, meski tidak masuk ke kawasan pembangunan. Nantinya seluruh kawasan pantai akan menjadi pelabuhan.

"Iya saat ini sedang dibangun pelabuhan, untuk prosesnya dari provinsi," kata Arif saat dihubungi melalui telepon Minggu (8/1/2023).

Dikatakannya untuk kedepan untuk pengelolaan ke depan, perlu dibicarakan lebih lanjut dengan Provinsi DIY, khususnya Dinas Perikanan dan Kelautan.

Pantai Gesing sebelum dibangun pelabuhan. Nelayan Pantai Gesing, Kecamatan Panggang, Gunungkidul, DI Yogyakarta saat akan merapat ke pantai, Kamis (13/12/2018).KOMPAS.com/MARKUS YUWONO Pantai Gesing sebelum dibangun pelabuhan. Nelayan Pantai Gesing, Kecamatan Panggang, Gunungkidul, DI Yogyakarta saat akan merapat ke pantai, Kamis (13/12/2018).

Perlu diketahui, Kawasan Pantai Gesing di sekitarnya ada berbagai kawasan wisata mulai dari Teras kaca, hingga Heha Ocean View, kawasan ini masuk di Kalurahan Girikarto.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta menyampaiakan pada tahun 2022 pembangunan PPI Gesing memasuki tahap I.

Pembangunan PPI Gesing tahap I dibangun di atas lahan seluas 54.445 meter persegi yang terdiri atas Tanah Milik Pemda DIY seluas 46.445 M2 dan Tanah Sultan Ground (SG) yang berada di pantai Gesing seluas 8.000 meter persegi.

Baca juga: Rute ke Resto Tepi Pantai Segara by Inessya Gunungkidul, Naik Kendaraan Pribadi

Sebelum dibangun pelabuhan, pengunjung bisa mengabadikan momen para nelayan yang hendak melaut atau baru saja pulang melaut dari atas tebing. Selain itu, mereka juga bisa memotret goresan alam di tebing-tebing yang ekstotik.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com