Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/03/2023, 11:16 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Masyarakat muslim yang mencari tempat menunggu waktu berbuka puasa atau ngabuburit di sekitar Jakarta Pusat, bisa mendatangi Masjid Istiqlal

Ketua Panitia Ramadhan 1444 H Masjid Istiqlal KH Bukhori Sail Attahiri mengatakan, ada kegiatan buka bersama dan beberapa agenda lainnya selama bulan Ramadhan. 

"Ada buka puasa bersama yang didahului dengan sholawatan dan tausiah agama," ujar Bukhori saat dihubungi Kompas.com, Senin (27/3/2023). 

Baca juga:

Kegiatan ngabuburit di Masjid Istiqlal bisa diikuti oleh masyarakat umum setiap harinya, mulai pukul 16.00 WIB. 

"Mulai pukul 16.00 di Selasar depan lantai utama," imbuh dia. 

Sebagai informasi, Masjiq Istiqlal berlokasi di Jalan Taman Wijaya Kusuma, Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat. 

Masjid ini buka setiap hari mulai pukul 03.30 WIB hingga pukul 22.00 WIB, seperti dilansir Kompas.com (19/2/2023). 

Baca juga: Kisah di Balik Terowongan Silaturahmi, Penghubung Masjid Istiqlal dan Katedral

Pengunjung yang datang ke Masjid Istiqlal dengan naik KRL Commuter Line bisa turun di Stasiun Juanda, lalu lanjut jalan kaki sekitar 8 menit. Bisa juga naik Transjakarta dan turun di halte dekat kawasan Istiqlal. 

Ada perpustakaan dan tempat tadarusan

Sementara itu, Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta Nasaruddin Umar menyampaikan pihaknya juga telah menyiapkan tempat istirahat di sekitar Masjid Istiqlal bagi masyarakat yang ingin ngabuburit. Ada pula perpustakaan dan tempat untuk tadarusan.

Aktivitas ibadah di Masjid Istiqlal.DOK. KOMPAS.COM/ SUCI WULANDARI PUTRI CHANIAGO Aktivitas ibadah di Masjid Istiqlal.

"Sambil ngabuburit menunggu buka puasa, kita juga persiapkan tempat istirahat di sekitar Masjid Istiqlal, kemudian ada perpustakaan, dan juga di atas kalau mau tadarusan," kata Nasaruddin, dikutip dari Tribunnews (23/3/2023). 

Baca juga: Masjid Istiqlal Jadi Green Mosque Pertama di Dunia, Sejuk Tanpa AC

Selain itu, Masjid Istiqlal juga menyiapkan takjil atau kudapan untuk membatalkan puasa dan kemungkinan juga makanan berat.

Masyarakat juga bisa menyaksikan sejumlah kegiatan baik peribadahan maupun hiburan keagamaan. Salah satunya rencana mengadakan teater, penampilan seniman, maupun kesenian religi.

Baca juga: 13 Tempat Ngabuburit Murah Meriah di Jakarta Pusat 

"Kali sepanjang Masjid Istiqlal sudah dibersihkan dan di situ nanti akan ada teater - teater, penampilan seniman, penampilan kesenian religi kita akan tampilkan di sana," tuturnya.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com