Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiket Kereta Api Mudik Lebaran 2023 Habis Terjual di Sejumlah Rute

Kompas.com - 03/04/2023, 06:15 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jelang libur dan mudik lebaran 2023, kereta api menjadi salah satu moda transportasi yang digemari masyarakat untuk melakukukan perjalanan.

Ini salah satunya terbukti dari tiket kereta api (KA) yang telah terjual habis di beberapa rute tertentu pada tanggal tertentu.

“Ada yang (habis) di beberapa rute pada tanggal-tanggal tertentu dan ada juga yang habis pada kereta api tertentu,” kata VP Public Relations PT KAI Joni Martinus kepada Kompas.com, Minggu (2/4/2023).

Baca juga:

Sebagai informasi, pada musim mudik Lebaran tahun 2023 ini KAI menyiapkan lebih dari 3 juta tiket kereta api jarak jauh.

Rute yang habis terjual

Joni mengatakan, berdasarkan pantauan KAI pada 1 April 2023 pukul 08.00 WIB, penjualan tiket beberapa KA pada periode Angkutan Lebaran 2023 telah mencapai 100 persen.

Beberapa rute yang sudah habis terjual atau okupansi yang sudah dipesan mencapai 100 persen di antaranya untuk rute KA Airlangga (Pasar Senen-Surabaya Pasarturi pp) dan KA Pasundan Tambahan (Kiaracondong-Surabaya Gubeng pp).

Lalu, KA Sri Tanjung (Lempuyangan-Ketapang pp), KA Kahuripan (Kiaracondong-Blitar pp), KA Bengawan (Pasar Senen-Purwosari pp), dan KA Rajabasa (Kertapati-Tanjungkarang pp).

Baca juga:

Sementara itu, beberapa rute KA lainnya juga banyak diminati dan memiliki tingkat okupansi cukup tinggi.

Seperti KA Probowangi (Surabaya Gubeng - Ketapang pp dengan okupansi 99,41 persen.

Selanjutnya ada KA Bukit Serelo (Kertapati - Lubuklinggau pp) 87,29 persen, KA Serayu (Pasar Senen-Purwokerto pp) 79,41 persen, dan KA Tawang Alun (Malang Kota Lama-Ketapang pp) 78,25 persen.

Kendati demikian, kata Joni, KAI berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik karena tiket KA masa Angkutan Lebaran masih cukup banyak tersedia.

“Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access,” tuturnya.

Fitur ini, Joni menyampaikan, akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com