Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Juta Orang Diprediksi Masuk Bantul Saat Mudik Lebaran

Kompas.com - 03/04/2023, 04:09 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Dinas Perhubungan Bantul memprediksi sekitar 1,5 juta hingga 2 juta orang masuk ke Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) selama periode mudik Lebaran 2023.

Dikutip dari Tribun Jogja, jumlah besar arus lalu lintas diprediksi bakal masuk selama H07 Lebaran hingga H+7 Idul Fitri.

"Jumlah itu juga termasuk wisatawan. Selain pemudik, ada juga wisatawan yang datang ke Bantul," kata Kepala BIdang Angkutan Jalan dan Prasarana Transportasi Dinas Perhubungan Bantul, Suyamto, Sabtu (1/4/2023), seperti dikutip dari Tribun Jogja.

Baca juga:

Oleh karena itu, jalur-jalur destinasi wisata juga diprediksi akan padat kendaraan. 

Dinas Perhubungan akan mendirikan pos pengamanan dan pemantauan di beberapa obyek wisata yang diperkirakan akan ramai pengunjung.

Adapun lima lokasi pos pengamanan arus lalu lintas berada di Klangon Argosari Sedayu, Jalan Srandakan, Pos Induk Gabusan (Jalan Parangtritis), Piyungan (Simpang Tiga Jalan Jogja-Wonosari), serta TPR Parangtritis.

Sementara lokasi pos pemantauan berada di Hutan Pinus Mangunan, Puncak Becici, Pinus Pengger, Jalur Cinomati, dan Jembatan Kretek II.

Baca juga:

@kompastravel Mau cobain toilet transparan kayak di Jepang? Di Jakarta ada nih! Untuk hari Senin-Kamis toilet ini buka dari jam 06.00-15.00. Kalau hari Jumat-Minggu, dari jam 06.00-22.00 yaa.. Untuk usia di bawah 5 tahun tidak perlu bayar guys! Nah, kalau kamu bawa sepeda, kamu bisa parkir di tempat parkir sepeda di sekitar toilet.. Gimana, mau cobain experience teknologi ini? #jakartahits #jakartanew #explorejakarta ? summertime - Maggie??

Terdapat total 751 personel gabungan yang disiagakan untuk pengamanan tersebut.

Adapun untuk Jalur Cinomati, yang merupakan titik rawan kecelakaan, akan ditempatkan personel yang bertugas mengalihkan kendaraan ke jalur lain.

Sedangkan jalur rawan kepadatan lalu lintas diprediksi bakal berada di Jalan Parangtritis dan Jalan Wonosari.

Sehingga, Dinas Perhubungan akan memanfaatkan JJLS dan Jembatan Kretek II.

"Jembatan Kretek II sangat membantu untuk pengalihan jalur mudik dan arus balik, makanya kami beri pos pantau di situ," ucap Kepala Dishub Kabupaten Bantul, SInggih Riyadi pada kesempatan lainnya, seperti dikutip Tribun Jogja.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com