Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layanan Paspor Sehari Jadi Buka Saat Akhir Pekan, Catat Lokasinya

Kompas.com - 08/04/2023, 18:37 WIB
Sania Mashabi,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kantor Imigrasi yang menyediakan layanan percepatan pembuatan paspor sehari jadi atau Unit Pelayanan Percepatan Paspor (UP3) tetap buka pada akhir pekan.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim saat menyambangi UP3 di beberapa mal di Jakarta, Sabtu (8/4/2023).

Baca juga:

"Hari ini saya kunjungi UP3 Kantor Imigrasi Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Barat untuk melihat langsung pelayanan paspor percepatan sehari jadi di akhir pekan," kata Silmy, dikutip dari keterangan resmi yang Kompas.com terima, Sabtu (8/4/2023).

Layanan UP3 pada akhir pekan ini, lanjutnya, dikhususkan bagi masyarakat yang memerlukan paspor untuk keadaan mendesak, seperti berobat atau dinas ke luar negeri.

Baca juga:

Selain itu, masyarakat yang tidak mendapatkan kuota pelayanan pembuatan paspor pada hari kerja juga bisa datang ke UP3 pada akhir pekan.

"Di samping itu, pemohon yang tidak mendapatkan kuota pelayanan di hari kerja, juga bisa datang langsung untuk mendapatkan pelayanan paspor pada akhir pekan ini," ujarnya.

Meskipun pelayanan menjadi lebih cepat, Silmy menegaskan bahwa alur pemeriksaan berkas tetap diawasi, serta tetap memperhatikan aspek keamanan proses pengajuan terhadap Warga Negara Indonesia (WNI) yang mengajukan permohonan paspor. 

Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim Menyambangi Kantor UP3 di Akhir Pekan, Sabtu (8/4/2023)Dok. Kantor Imigrasi Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim Menyambangi Kantor UP3 di Akhir Pekan, Sabtu (8/4/2023)

Adapun UP3 yang beroperasi pada akhir pekan di Jakarta yakni Kantor Imigrasi di Lippo Mall Puri di Jakarta Barat, Pasar Pagi Mangga Dua di Jakarta Utara, dan Lippo Mal Kemang di Jakarta Selatan.

Kemudian Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Plaza Semanggi di Jakarta Selatan, dan Mall Cibubur Junction di Jakarta Timur.

"Kami buka di beberapa tempat strategis seperti mal, pusat perbelanjaan yang mudah diakses oleh masyarakat," tutur Silmy.

Baca juga:

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com