Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/03/2023, 07:07 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aplikasi layanan paspor online, M-Paspor, sudah diperbarui dan tersedia di Appstore (iOS) maupun Google Playstore (Android).

Subkoordinator Humas Ditjen Imigrasi Achmad Nur Saleh mengatakan, kini terdapat beberapa fitur baru yang semakin memudahkan pemohon paspor.

Baca juga: Imigrasi Ungkap Alasan Ada Layanan Paspor Sehari Jadi

Salah satu hasil pembaruan adalah adanya perubahan tahapan pada pemilihan kantor imigrasi dan pemilihan jenis paspor.

“Di M-Paspor versi termutakhir, pemohon bisa mengecek daftar kantor imigrasi dan kuota paspor biasa maupun paspor elektronik yang tersedia,” kata Achmad dalam pernyataan tertulis, Minggu (26/3/2023).

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas.com (@kompascom)

"Kami harap ini menambahkan kenyamanan bagi pemohon selama proses pelayanan paspor," sambungnya.

Layanan percepatan paspor satu hari terbit

Selain tahapan pemilihan jenis paspor dan kantor imigrasi, versi terbaru (update) M-Paspor juga menyediakan pendaftaran layanan percepatan paspor satu hari terbit.

"Masyarakat yang ingin memanfaatkan fasilitas percepatan paspor dapat mendaftar di aplikasi M-Paspor maksimal satu hari sebelum kedatangan ke kantor imigrasi," ujar Achmad.

Syarat dan cara membuat paspor online lewat aplikasi M-Paspor berikut dengan biayanyaimigrasi.go.id Syarat dan cara membuat paspor online lewat aplikasi M-Paspor berikut dengan biayanya

Ia menjelaskan bahwa apabila pemohon mendadak harus mengurus paspor di hari tersebut, pemohon masih dapat walk-in ke kantor imigrasi untuk layanan percepatan paspor.

Baca juga:

Pemohon juga disarankan datang lebih awal dikarenakan terbatasnya kuota layanan tersebut. Lalu, untuk waktu kedatangan juga ada perubahan, kata Achmad.

Kalau sebelumnya pembagian waktu wawancara diberikan berdasarkan sesi pagi, siang dan sore, kini pemilihan kuota diubah berdasarkan jam.

"Jadi waktunya lebih spesifik,” pungkasnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com