Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/03/2023, 05:31 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tempat wisata di Jakarta Selatan cukup beragam. Mulai dari kuliner, belanja, kecantikan, relaksasi, hingga wisata edukasi. 

Salah satu tempat yang cocok untuk dikunjungi, terutama pengunjung yang mencari wisata keluarga dan edukasi adalah Museum Basoeki Abdullah

Baca juga: Museum Basoeki Abdullah: Lokasi, Jam Buka, Harga Tiket, dan Fasilitas

Pamong Budaya Ahli Pertama Museum Basoeki Abdullah, Luthfia Rahmah menyampaikan, Museum Basoeki Abdullah berdiri dari keinginan Basoeki Abdullah untuk mewariskan karya lukis maupun koleksi pribadinya kepada Pemerintah Republik Indonesia.

"Museum Basoeki Abdullah awalnya itu rumah beliau. Jadi ada wasiat dari Pak Basoeki, salah satu isinya adalah sepertiga dari karya lukisnya diserahkan ke negara," ujar Luthfia kepada Kompas.com di museum, Minggu (19/3/2023).

Warga beraktivitas di jalan yang telah dilukis mural sepanjang 300 meter di Jalan Keuangan Raya, Cilandak Barat, Jakarta Selatan, Rabu (26/8/2020). Aksi ini dilaksanakan dalam rangka memperingati ulang tahun ke-75 kemerdekaan Republik Indonesia yang dibuat oleh Museum Basoeki Abdullah bekerjasama dengan Perupa Jakarta Raya (Peruja).KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Warga beraktivitas di jalan yang telah dilukis mural sepanjang 300 meter di Jalan Keuangan Raya, Cilandak Barat, Jakarta Selatan, Rabu (26/8/2020). Aksi ini dilaksanakan dalam rangka memperingati ulang tahun ke-75 kemerdekaan Republik Indonesia yang dibuat oleh Museum Basoeki Abdullah bekerjasama dengan Perupa Jakarta Raya (Peruja).

Selain karya lukis, koleksi-koleksi pribadi Basoeki dan kediamannya juga diberikan kepada negara untuk dijadikan museum.

Museum Basoeki Abdullah buka setiap Selasa-Minggu, pukul 09.00 sampai 15.00 WIB. Adapun setiap Senin dan hari libur nasional, museum ini tidak beroperasi.

Baca juga: 5 Aktivitas di Museum Basoeki Abdullah, Lihat Karya dan Koleksi Pribadi Sang Pelukis

Tiket masuk museum sangat terjangkau. Anak-anak mulai Rp 1.000 per orang, dan orang dewasa Rp 2.000. Harga ini berlaku sama saat hari kerja (weekdays) maupun akhir pekan (weekend).

Cara menuju Museum Basoeki Abdullah

Museum Basoeki Abdullah tepatnya berlokasi di Jalan Keuangan Raya nomor 19, Cilandak Barat, Jakarta Selatan.

Sesuai fungsi awalnya berupa rumah, Museum Basoeki Abdullah tidak dapat ditemukan di pinggir jalan. Pengunjung harus memasuki kompleks perumahan untuk menemukan museum.

Jika ingin berkunjung berkunjung ke Museum Basoeki Abdullah, simak cara untuk ke sana yang telah Kompas.com rangkum berikut ini:

Cara ke Museum Basoeki Abdullah dari Stasiun MRT Fatmawati

Cara termudah menuju museum jika naik transportasi umum adalah menggunakan MRT dan berhenti di stasiun MRT Fatmawati. Letak Museum Basoeki Abdullah tidak terlalu jauh dari Stasiun MRT Fatmawati.

Jika berjalan kaki, jaraknya kurang lebih 1,2 km dengan waktu tempuh sekitar 15 menit. Dari Stasiun MRT, ambil arah keluar ke Taman Cilandak Raya melalui Jalan R.A. Kartini. 

Ilustrasi Stasiun MRT Fatmawati.Dok. Wikimedia Commons/Lima_Em_Railfans Ilustrasi Stasiun MRT Fatmawati.

Lalu, belok kiri ke Jalan R.A. Kartini. Kemudian, jalan sedikit ke kiri menuju Jalan R.A. kartini atau Jalan TB Simatupang Raya.

Ambil jalan layang untuk pejalan kaki. Belok tajam ke kiri menuju Jalan R.A. kartini atau Jalan TB Simatupang Raya, lalu belok kiri menuju Jalan KH Muhasim Raya. 

Baca juga:

Belok kanan menuju Jalan KH Muhasim IV. Sekitar 200 meter, belok kanan menuju Jalan Keuangan IV. Belok kiri menuju Jalan Keuangan Raya, dan kamu akan menemukan Museum Basoeki Abdullah. 

Adapun pengunjung tidak perlu kebingungan mencari lokasi museum, karena penjelasan di Google Maps akurat dan terdapat plang penunjuk arah di sepanjang jalan. 

Jika tidak ingin berjalan kaki, kamu bisa naik ojek online dengan jarak 3,7 km, lebih jauh karena harus putar balik. Waktu tempuhnya sekitar 8-10 menit.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com