Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/06/2023, 21:32 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Pesawat terbesar di dunia Airbus A380-800 milik maskapai Emirates resmi mendarat di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, Kamis (1/6/2023).

Pesawat komersial dengan nomor penerbangan EK368 itu berangkat dari Bandara Internasional Dubai pada Kamis pukul 03.49 waktu setempat dan tiba di Bali pada Kamis pukul 16.35 WITA dengan mengangkut 482 penumpang.

"Kami sangat bangga Bandara I Gusti Ngurah Rai yang dikelola oleh Angkasa Pura I menjadi bandara pertama di Indonesia yang melayani penerbangan komersial reguler pesawat Airbus A380."

"Kami turut menyampaikan apresiasi kepada Emirates atas kepercayaannya untuk mengoperasikan pesawat ikonik ini ke Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis.

Baca juga:

Saat ini, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali melayani penerbangan komersial reguler rute Dubai-Bali-Dubai yang dioperasikan Emirates dengan frekuensi dua penerbangan setiap harinya. 

Sebelumnya, rute tersebut dioperasikan oleh Emirates menggunakan pesawat Boeing 777-300ER.

Dengan inaugural flight ini, maka Bandara I Gusti Ngurah Rai menjadi salah satu dari 53 bandara di dunia yang melayani penerbangan komersial reguler Airbus A380 yang dioperasikan oleh Emirates.

"Kami senang dapat mencapai tonggak sejarah ini yang akan memperkuat operasi kami di Indonesia, serta rencana komersial di masa depan untuk pasar Indonesia,” ucap Country Manager Emirates untuk Indonesia Mohammad Al Attar.

Baca juga: Mengapa Tidak Boleh Merokok di Pesawat? Ini Alasannya

Dikutip dari Kompas.com (29/05/2023), Emirates akan mengoperasikan dua tipe pesawat A380 di Indonesia, yakni tipe dua kelas (bisnis dan ekonomi), serta tipe tiga kelas (kelas satu, bisnis, dan ekonomi).

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com