Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Targetkan 150 Juta Pergerakan Wisatawan Saat Libur Sekolah

Kompas.com - 13/06/2023, 12:13 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Pemerintah menargetkan 150 juta pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) selama tiga minggu periode libur sekolah 24 Juni hingga 9 Juli 2023.

Target ini muncul dari total jumlah siswa di seluruh Indonesia, dikalikan dengan perkiraan pergerakan wisata siswa dan keluarganya selama tiga minggu libur sekolah. 

"Jadi 50 juta ini kalau kita kalikan minimal tiga jadi 150 juta (pergerakan)," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam The Weekly Brief with Sandi Uno di Jakarta, Senin (12/6/2023).

Baca juga:

Ia menjelaskan, definisi pergerakan wisatawan adalah bergerak dari satu kabupaten ke kabupaten lainnya dengan waktu minimal 6enam jam. Oleh karena itu, ia optimis target ini dapat tercapai.

Lebih lanjut, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Ni Made Ayu Martini berharap angka ini bisa mendorong pemenuhan target 1,2-1,4 milyar pergerakan wisatawan nusantara pada tahun 2023. 

"Target yang diberikan kepada kami, Juni targetnya 83,8 juta. Kemudian Juli 95,9 juta. Semoga dengan liburan ini, pergerakannya ada sehingga bisa membantu mencapai target (1,2-1,4 milyar)," tutur dia. 

Oleh karena itu, ia berharap masyarakat terutama anak sekolah yang libur selama tiga sampai enam minggu bisa melakukan perjalanan ke beberapa tempat. 

"Kalau (jumlah) siswa ada sekitar 50-an juta di seluruh indonesia. Sekarang ini mobilitas mereka sudah tinggi, mobilitasnya ke mana-mana, mobilitasnya tinggi," ujar Direktur Bidang Tenaga dan Lembaga Kebudavaan Kemendikbudristek Restu Gunawan. 

Baca juga: 13 Wisata Bogor untuk Anak dan Keluarga, Pas buat Libur Sekolah

Siapkan paket wisata dan promo

Untuk menyambut libur sekolah dalam waktu dekat, Kemenparekraf bekerjasama dengan Kemendikbudristek menyiapkan paket-paket wisata dan sejumlah promo menarik. 

"Ada sekitar 100 paket yang kami tawarkan dan informasikan kepada siswa ataupun mahasiswa. Kemudian ada juga e-booklet mudik jelajah masjid #DiIndonesiaAja dan juga booklet lainnya," kata Made. 

Baca juga: Sambut Libur Sekolah, Kemenparekraf Luncurkan QR Code Berisi Paket Wisata

Dalam program wisata Pak Wisnu, tersedia 100 paket wisata dari 34 provinsi yang bisa dijadikan sebagai referensi liburan. Mulai dari tempat wisata alam, seperti sawah, pantai, gunung, hingga tempat wisata buatan seperti museum dan cagar budaya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com