Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Libur Sekolah, Kemenparekraf Luncurkan QR Code Berisi Paket Wisata

Kompas.com - 12/06/2023, 20:13 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menyambut libur sekolah, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) meluncurkan kode QR berisi rekomendasi wisata, sebagai hasil kerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

“Akan ada penyebaran QR code (kode QR), akan kami perkenalkan dan pasang banner-nya di semua perguruan tinggi dan sekolah,” ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat Weekly Press Briefing di Jakarta Pusat, Senin (12/6/2023).

Baca juga:

Sementara itu, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Ni Made Ayu Martini menjelaskan, kode QR tersebut salah satunya berisi program Pak Wisnu atau Paket Wisata Nusantara.

“Ada sekitar 100 paket yang kami tawarkan dan informasikan kepada siswa ataupun mahasiswa. Kemudian ada juga e-booklet mudik jelajah masjid #DiIndonesiaAja dan juga booklet lainnya,” terang Made.

Menurutnya, informasi tersebut menarik dan penting untuk diketahui anak-anak sekolah serta keluarga mereka. Tak hanya itu, anak sekolah juga akan lebih bisa mengenal gerakan BBWI atau Bangga Berwisata di Indonesia.

“Jadi pas anak-anak sekolah lagi libur, ke mana mereka? #DiIndonesiaAja liburannya,” tutur Made.

Dorong tempat wisata lokal, museum, dan cagar budaya

Pengunjung yang melihat-lihat koleksi di ruang pameran Museum Song Terus Pacitan, Jawa Timur. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Pengunjung yang melihat-lihat koleksi di ruang pameran Museum Song Terus Pacitan, Jawa Timur.

Dalam waktu yang sama, Direktur Bidang Tenaga dan Lembaga Kebudavaan Kemendikbudristek, Restu Gunawan mengatakan, pihaknya telah berkolaborasi dengan menyiapkan sejumlah tempat wisata rekomendasi yang tersedia dalam QR code tersebut.

“Museum-museum kami udah siap, cagar budaya kami di seluruh Indonesia sudah diperbaiki semua. Jadi siap untuk menjadi destinasi dan juga kunjungan untuk mengenal peradaban dan kebudayaan kita yang luar biasa,” kata Restu.

Dalam program wisata Pak Wisnu, tersedia 100 paket wisata dari 34 provinsi yang bisa dijadikan sebagai referensi liburan. Mulai dari tempat wisata alam, seperti sawah, pantai, gunung, hingga tempat wisata buatan seperti museum.

Baca juga:

Dari tautan yang tertera di QR code, terdapat informasi bahwa Museum dan Cagar Budaya (MCB) merupakan sebuah instansi Kemendikbudristek RI yang mengelola 14 unit destinasi wisata yang terdiri dari museum, galeri, dan cagar budaya.

Beberapa destinasi yang direkomendasikan untuk dikunjungi, antara lain Museum Nasional, Galeri Nasional Indonesia, Museum Basoeki Abdullah, Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Museum Sumpah Pemuda, Museum Kebangkitan Nasional, Museum Song Terus di Pacitan, dan Museum Situs Semedo di Tegal.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com