Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Aktivitas Liburan Sekolah di Bandung, Bisa Kemah dan Naik Kuda

Kompas.com - 11/06/2023, 17:35 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Ada beragam aktivitas liburan sekolah di Bandung yang seru untuk dijajal oleh anak bersama keluarga.

Ibu kota Jawa Barat ini kerap dijadikan destinasi berlibur karena jaraknya yang tak jauh dari Jabodetabek dan sejumlah kota lain di Jawa Barat.

Baca juga:

Selain itu, pilihan aktivitas wisata yang lengkap, termasuk di Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat membuatnya semakin menarik untuk dikunjungi. 

Jika berencana mengisi waktu libur sekolah anak dengan mampir ke Bandung, berikut sejumlah aktivitas yang bisa dilakujan. 

Aktivitas liburan sekolah di Bandung

1. Keliling naik Bandros

Bandros menjadi andalan bus wisata di Kota Bandung. Pada Ramadhan ini digelar program Ngabuburit Naik Bandros di Kecamatan (Ngabosman).Dok HUMAS PEMKOT BANDUNG Bandros menjadi andalan bus wisata di Kota Bandung. Pada Ramadhan ini digelar program Ngabuburit Naik Bandros di Kecamatan (Ngabosman).

Bandung Tour on Bus atau Bandros adalah bus wisata yang ada di Kota Bandung.

Bus wisata ini punya desain art deco unik dan dicat menggunakan warna-warna cerah, seperti kuning dan merah.

Dikutip dari Kompas.com, satu unit Bandros mampu menampung sekitar 24 orang untuk berkeliling kota.

Jika mencari aktivitas untuk libur sekolah di Bandung, maka naik bus wisata yang satu ini tak boleh dilewatkan.

Baca juga: Catat, Cara Naik Bandros Bandung Buat Keliling Kota

Calon penumpang bisa naik Bandros dari Alun-alun Kota Bandung dan Jalan Diponegoro, seperti dikutip dari situs resminya. 

Jam operasi Bandros adalah pukul 08.00-16.00 WIB setiap harinya, dengan harga tiket Rp 20.000 yang bisa dibeli di lokasi.

2. Main ke Alun-alun Bandung

Warga bermain di Taman Alun-alun Bandung, Jawa Barat, Sabtu (30/10/2021). Pemerintah Kota Bandung kembali membuka sejumlah taman di masa PPKM level II dengan membatasi jam kunjungan hanya selama dua jam dan syarat wajib menunjukkan bukti vaksin serta kapasitas pengunjung hanya 25 persen. ANTARA FOTO/Novrian Arbi/rwa.ANTARA FOTO/NOVRIAN ARBI Warga bermain di Taman Alun-alun Bandung, Jawa Barat, Sabtu (30/10/2021). Pemerintah Kota Bandung kembali membuka sejumlah taman di masa PPKM level II dengan membatasi jam kunjungan hanya selama dua jam dan syarat wajib menunjukkan bukti vaksin serta kapasitas pengunjung hanya 25 persen. ANTARA FOTO/Novrian Arbi/rwa.

Bersantai di Alun-alun Kota Bandung bisa jadi pilihan aktivitas libur sekolah lainnya yang tak kalah asyik dan murah meriah.

Di sana, pengunjung bisa berkunjung ke Masjid Raya Bandung atau sekadar nongkrong di hamparan rumput sintetis luas yang ada di halaman masjid.

Di sekitarnya juga terdapat banyak penjual jajanan jika sewaktu-waktu ingin mengisi perut.

Baca juga: 13 Wisata Instagramable Bandung, Banyak Tempat Foto Seperti di Eropa

Alun-alun Kota Bandung berlokasi di Jalan Asia Afrika, Balonggede, Kecamatan Regol, Bandung, dekat dengan beberapa destinasi populer seperti Museum Asia Afrika, Jalan Braga, dan Pasar Baru.

3. Rekreasi ke taman bermain

Taman Lalu Lintas Bandung. Catat jam buka dan harga tiket Taman Lalu Lintas Bandung terbaru saat akan berkunjung.SHUTTERSTOCK/GEORGE BARKER Taman Lalu Lintas Bandung. Catat jam buka dan harga tiket Taman Lalu Lintas Bandung terbaru saat akan berkunjung.

Ada banyak destinasi wisata di Bandung yang mengusung konsep taman bermain, sehingga cocok dijadikan pilihan aktivitas untuk libur sekolah anak.

Jika ingin mampir ke tempat yang murah meriah, cobalah singgah di Taman Ade Irma Suryani alias Taman Lalu Lintas yang ada di Jalan Belitung Nomor 1, Merdeka, Kecamatan Sumur Bandung, Bandung.

Dikutip dari Antara, taman legendaris ini merupakan wisata edukasi bagi anak-anak agar memahami perilaku tertib berlalu lintas.

Tiket masuknya hanya Rp 10.000 dan tempat ini buka setiap hari, kecuali hari Jumat, seperti dikutip dari Kompas.com.

Baca juga: 15 Tempat Wisata Tahun Baru di Kota Bandung, Bisa City Tour

Jika penasaran ingin bermain di area dengan salju buatan, wisatawan juga bisa mampir ke Panama Park 825 yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman Nomor 825, Kecamatan Bandung Kulon, Bandung, atau menjajal rekreasi dalam ruang di Trans Studio Bandung yang ada di Jalan Gatot Soebroto Nomor 289, Kecamatan Batununggal, Bandung.

Jika sedang berada di sekitar Bandung Timur, wisatawan juga bisa mampir ke Jatinangor National Park (Jans Park) untuk menikmati kebun bunga luas dengan sentuhan ala negeri dongeng.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com