Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hotel Tertua di Indonesia, Usianya Ratusan Tahun 

Kompas.com - 16/07/2023, 23:29 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

 

KOMPAS.com - Indonesia memiliki sejumlah hotel tua yang masih eksis hingga saat ini. Tak cuma tempat menginap, hotel tertua di Indonesia tersebut menjadi saksi sejarah perkembangan Tanah Air dari masa ke masa.

Meskipun sudah mengalami renovasi beberapa kali, hotel tertua di Indonesia masih mempertahankan arsitektur aslinya. 

Baca juga:

Hotel tertua di Indonesia

Berikut sejumlah hotel tertua di Indonesia seperti dihimpun Kompas.com.

1. Hotel Salak The Heritage

Kolam renang di Hotel Salak The Heritage, Bogor, salah satu hotel tertua di IndonesiaDok. https://www.hotelsalak.co.id Kolam renang di Hotel Salak The Heritage, Bogor, salah satu hotel tertua di Indonesia

Hotel Salak The Heritage berada di Kota Bogor, tepatnya di seberang Istana Kepresidenan Bogor. Alamatnya berada di Jalan Juanda Nomor 8, Pabaton, Kota Bogor.

Hotel Salak The Heritage dibangun pada awal 1900-an dengan nama  Bellevue-Dibbets Hotel, seperti dikutip dari situs resminya. Selain menjadi salah satu hotel tertua di Indonesia, Hotel Salak The Heritage merupakan situs tertua yang tercatat di Bogor.

Hotel ini dibangun oleh seorang pria Belanda yang memiliki hubungan keluarga dengan Gubernur Jenderal Hindia Belanda. Mulanya, Hotel Salak The Heritage digunakan sebagai hotel untuk kelompok elit yang memiliki hubungan dengan Belanda, pengusaha, dan staf pemerintah.

Hotel seluas 8.227 meter persegi itu, menjadi saksi sejarah dari era kolonialisme Belanda, Jepang, pemerintahan orde lama, orde baru, era reformasi, dan masih eksis hingga sekarang ini.

Meskipun berusia ratusan tahun, Hotel Salak The Heritage masih kokoh berdiri karena sudah mengalami berbagai renovasi. Hotel bintang empat ini memiliki fasilitas lengkap antara lain kolam renang, ruang pertemuan, kafe, restoran, pusat kebugaran, spa, dan sebagainya.

Baca juga:

2. Hotel Savoy Homman 

Hotel Savoy Homman, Bandung, salah satu hotel tertua di IndonesiaDok. https://savoyhomannbandung.com/ Hotel Savoy Homman, Bandung, salah satu hotel tertua di Indonesia

Hotel Savoy Homman berlokasi di Kota Bandung, tepatnya di Jalan Asia  Afrika Nomor 112, Cikawao, Kecamatan  Lengkong, Kota Bandung

Tanggal pasti pembangunan Hotel Savoy Homann masih belum diketahui. Namun, berdasarkan beberapa arsip, Hotel Savoy Homann dibangun sebelum 1888, seperti dikutip dari laman resminya.

Hotel Savoy Homann dibangun oleh A. Homann, seorang imigran Jerman yang datang ke Jawa Barat sekitar 1870. Pada Februari 1937, hotel tersebut mengalami renovasi dan selesai pada akhir 1939, kemudian disebut Savoy.

Sempat beberapa kali berpindah kepemilikan, kini Hotel Savoy Homann dikelola oleh Yayasan Bidakara sejak Januari 2000.

Hotel Savoy Homann adalah salah satu hotel terbesar di Asia Tenggara. Hotel yang berusia ratusan tahun ini telah menjadi tempat singgah bagi delegasi negara dalam acara bersejarah di Kota Bandung, salah satunya Konferensi Asia Afrika.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com