Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkat Okupansi Hotel di Bantul Anjlok pada Agustus 2023

Kompas.com - 16/08/2023, 21:08 WIB
Markus Yuwono,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mencatat tingkat okupansi hotel di daerah tersebut anjlok pada bulan Agustus 2023.

"(Pada bulan) Juni angka okupansi hotel 80 persen, dan Juli lebih dari 80 persen. Agustus ini terjun bebas karena tingkat hunian rata-rata 20 sampai 30 persen," kata Ketua PHRI Bantul Yohanes Hendra kepada wartawan di Bantul, Rabu (16/8/2023).

Baca juga:

Ia menambahkan, tingkat hunian juga landai saat akhir pekan pada bulan Agustus. Penyebab penurunan tingkat okupansi pada bulan Agustus diduga dari berhentinya kegiatan wisatawan dan kegiatan dinas di hotel.

"Kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan oleh OPD (organisasi perangkat daerah) terhenti," ujarnya.

Pihaknya bersama anggota, lanjut Hendra, terus menggencarkan promosi destinasi dan penginapan guna mempertahankan tingkat okupansi yang terus menurun.

Baca juga: 7 Wisata Malam di Bantul Yogyakarta, Banyak Spot Foto Keren

Ilustrasi hotel.SHUTTERSTOCK/Kanyapak Lim Ilustrasi hotel.

"Tapi kembali lagi kita tetap berusaha mempertahankan tingkat okupansi yang ada," kata dia.

Dia berharap situasi ini tidak berkepanjangan dan tingkat okupansi kembali naik pada bulan September 2023. Dengan demikian, perekonomian pun bisa naik, tidak hanya dari hotel tetapi juga masyarakat pelaku wisata.

Baca juga:

Sementara itu, Kasi Promosi dan Informasi Wisata, Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Markus Purnomo Adi mengatakan, data terbaru dari tanggal 7 sampai 13 Agustus 2023 menunjukkan, jumlah kunjungan wisatawan di destinasi yang dikelola Pemerintah Kabupaten Bantul adalah 31.325 kunjungan.

"Untuk jumlah kunjungan terbanyak di akhir pekan yakni 21.698 wisatawan selama tiga hari yakni 11 sampai 13 Agustus," kata dia.

Baca juga: Berkunjung ke Bantul, Mampirlah ke Wisata Edukasi Pebatik Cilik

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com