Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wonderful Indonesia Tourism Fair Akan Digelar September 2024

Kompas.com - 21/08/2023, 22:07 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berkolaborasi dengan Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) untuk mengadakan Wonderful Indonesia Tourism Fair (WITF) pada September 2024 mendatang.

WITF merupakan pameran perjalanan skala internasional yang diklaim sebagai yang pertama di Indonesia guna menarik kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Tanah Air.

Baca juga:

"WITF ini kita rancang menjadi event (acara) terbesar yang kaitannya dengan B2B (Business to Business) untuk menarik wisman datang ke Indonesia," kata Ketua Umum Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Hariyadi Sukamdani di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (21/8/2023).

Hariyadi menambahkan, target kunjungan wisman saat kegiatan WITF nantinya akan disesuaikan dengan target 8,5 juta kunjungan wisman ke Indonesia pada 2023.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, Hariyadi mengatakan bahwa sebanyak 34 asosiasi GIPI akan digerakkan untuk mendukung jalannya kegiatan.

Baca juga: Meriahnya Festival Bantengan Nuswantara di Kota Batu, Turis Asing Ikut Serta

"Asosiasi kami ada yang bergerak di penerbangan domestik dan penerbangan internasional. Kita dorong keduanya, setelah wisman sampai di Indonesia, mereka juga kita bawa ke daerah," kata Haryadi.

Ilustrasi wisatawan di Loh Buaya di Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT).Dok. Shutterstock/Amirhamzaaa Ilustrasi wisatawan di Loh Buaya di Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Menanggapi hal ini, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Ni Made Ayu Marthini mengatakan, pemerintah menyambut baik kegiatan WITF.

"Kita dari pemerintah sangat mendukung ide brilian ini, memang sudah saatnya karena indonesia negara besar dan pariwisatanya sudah mapan," kata Made dalam kesempatan yang sama, Senin (21/8/2023).

Made menambahkan, layaknya sebuah pameran perjalanan internasional, di WITF 2024 akan ada kegiatan seminar, business matching, business meeting, dan showcase.

Baca juga:

Tidak hanya itu, pameran ini juga akan dihadiri oleh para travel agent (agen perjalanan), tour operator, serta pengelola akomodasi dan transportasi.

"Jadi bukan hanya kita yang datang ke berbagai pameran dunia, tapi mereka (wisman) juga datang ke sini," ujarnya.

Ia menambahkan, kedatangan wisman ke Indonesia saat gelaran WITF diproyeksikan akan menambah devisa negara, serta dapat menggerakkan perekonomian masyarakat.

Baca juga: 10 Negara Penyumbang Turis Asing Terbanyak ke Indonesia Juni 2023 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com