Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Bromo Tutup karena Kebakaran, Air Terjun Madakaripura Masih Buka

Kompas.com - 12/09/2023, 11:11 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com  - Wisata Gunung Bromo di Jawa Timur masih tutup total akibat kebakaran yang masih belum padam.

Dikutip dari Kompas.com, Minggu (10/9/2023), semua akses wisata ke Gunung Bromo ditutup total sampai waktu yang belum ditentukan.

Bahkan, tempat wisata yang lokasinya cukup jauh dari titik kebakaran, yakni Ranu Pani dan Ranu Regulo, ikut ditutup untuk kelancaran pemadaman kebakaran.

Baca juga: Kebakaran di Gunung Bromo Belum Padam, Akses Ditutup Total

“Semua akses masuk kawasan ditutup semua, termasuk ke Ranu Regulo dan Ranu Pani,” kata Kepala Bagian Tata Usaha TNBTS Septi Eka Wardhani kepada Kompas.com, Minggu (10/9/2023).

Air Terjun Madakaripura tetap buka

Meski begitu, bukan berarti wisatawan sama sekali tidak bisa berwisata di sekitar kawasan Gunung Bromo.

Masih ada beberapa tempat wisata atau spot panorama yang buka. Dilansir dari Kompas.com, Selasa (12/9/2023), salah satu spot panorama yang buka adalah Seruni Point.

Selain itu, wisatawan juga masih bisa berkunjung ke Air Terjun Madakaripura yang lokasinya tidak jauh dari Gunung Bromo.

“Air Terjun Madakaripura buka, aman,” kata salah satu operator jip wisata di Gunung Bromo via Probolinggo bernama Fendi kepada Kompas.com, Selasa.

Baca juga: Kebakaran Gunung Bromo, Jalur Malang-Lumajang via Ranu Pani Ditututup

Ia melanjutkan, wisatawan yang naik bus hanya bisa sampai di Rest Area Sukapura. Perjalanan ke air terjun kemudian dilanjutkan menggunakan jip wisata.

Patung Mahapatih Gajah Mada yang menyambut pengunjung begitu sampai di kawasan Air Terjun Madakaripura.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Patung Mahapatih Gajah Mada yang menyambut pengunjung begitu sampai di kawasan Air Terjun Madakaripura.

“Tarif jip Rp 400.000 pulang-pergi (pp). Kapasitas maksimal 5 orang untuk satu jip,” sambung dia.

Dikutip dari Kompas.com, (10/12/2023), Air Terjun Madakaripura konon merupakan tempat pertapaan Mahapatih Majapahit, Gadjah Mada.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com