Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringatan HUT Ke-78 Sumatera Barat Akan Tampilkan Pagelaran Seni dan Budaya

Kompas.com - 30/09/2023, 09:09 WIB
Perdana Putra,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Tarik wisatawan berkunjung, Pemerintah Provinsi Sumatera (Sumbar) Barat akan menggelar acara Pagelaran Seni dan Budaya memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Sumbar yang jatuh pada 1 Oktober 2023.

Serangkaian pagelaran seni dihelat diantaranya seni Darak Baradarak yang masuk dalam Indonesia Got Talent, seni solo biola, seni talempong kayu, tari Marakik Aso hingga seni Turuk Sikerei Mentawai.

"Agenda ini kita laksanakan 2-6 Oktober 2023 yang dipusatkan di Gedung Budaya Sumbar," kata Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar, Syaifullah kepada wartawan, Jumat (29/9/2023) di Gedung Budaya Sumbar.

Baca juga: Sandiaga Lari 10 Kilometer Keliling Padang, Promosikan Wisata dan Kuliner Sumatera Barat

Menurut Syaifullah, pagelaran seni dan budaya itu diadakan tiap tahun dengan tujuan menarik wisatawan sekaligus melestarikan seni dan budaya Sumbar.

"Pagelaran seni dan wisatawan itu satu paket. Ada pagelaran seni, pasti menarik minat orang berkunjung," ujar Syaifullah.

Baca juga: 7 Fakta Lembah Harau Sumatera Barat, Ada Batuan Berusia 40 Juta Tahun 

Ia berkaca pada gelaran seni dan budaya tahun lalu yang sukses menarik wisatawan lokal dan turis asing.

Acara lain pada Peringatan HUT ke-78 Sumbar

Menurut Syaifullah, selain pagelaran seni juga diadakan sejumlah agenda kegiatan lain, seperti seminar dan workshop budaya.

"Lalu kita adakan sejumlah lomba seperti musik jalanan, video budaya dan lainnya," kata Syaifullah.

Baca juga: 7 Tempat Liburan di Padang Sumatera Barat, Ada Batu Malin Kundang

Kemudian, kata Syaifullah juga akan diadakan anugerah atau penghargaan kepada tokoh budaya dan seniman.

Rumah Gadang Sungai Beringin, salah satu destinasi wisata sejarah dan budaya di Kota Payakumbuh, Sumatera BaratShutterstock/Rahmat Isnaini Rumah Gadang Sungai Beringin, salah satu destinasi wisata sejarah dan budaya di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat

Syaifullah menyebutkan pagelaran seni dan budaya itu akan semakin menarik wisatawan berkunjung karena Sumbar sudah dikenal dengan keindahan objek wisata dan kulinernya.

"Selain menikmati seni dan budaya, wisatawan tentunya bisa menikmati keindahan obyek wisata seperti pantai padang, jembatan Siti Nurbaya, Masjid Raya Sumbar. Lalu mereka juga bisa menikmati kuliner yang enak," kata Syaifullah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com