Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Status Gunung Slamet Waspada, Baturraden Tetap Aman Dikunjungi

Kompas.com - 19/10/2023, 18:08 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Kawasan wisata Baturraden di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, disebut tetap aman dikunjungi wisatawan meskipun status Gunung Slamet naik dari Level I (Normal) ke Level II (Waspada), Kamis (19/10/2023).

"Peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Slamet itu hal biasa dan merupakan dinamika kegunungapian sehingga calon wisatawan tidak perlu khawatir untuk berkunjung ke Baturraden," jelas Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyumas, Setia Rahendra, dikutip dari Antara, Kamis (19/10/2023).

Baca juga:

Adapun jarak kawasan wisata Baturraden cukup jauh dari puncak Gunung Slamet, sekitar 12 kilometer (km).

Ia pun mengimbau masyarakat, utamanya para pelaku wisata di Baturraden, agar tetap tenang, tidak resah, dan tetap waspada. 

"Kemarin kami juga baru saja melakukan sosialisasi mitigasi bencana alam bersama dengan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah). Pesertanya pelaku-pelaku wisata, pedagang, dan karyawan Lokawisata Baturraden," lanjutnya.

Baca juga: Wisata ke Taman Botani Baturraden di Banyumas, Kenali Banyak Tanaman

Ilustrasi Kebun Raya Baturraden di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.Dok. Kebun Raya Baturraden Ilustrasi Kebun Raya Baturraden di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Melalui sosialisasi tersebut, diharapkan para pemangku kepentingan di kawasan wisata Baturraden bisa memahami beberapa hal, antara lain titik kumpul dan jalur evakuasi.

Ia juga berharap agar peningkatan status Gunung Slamet hanya sampai Level II, lalu kembali ke Level I.

Baca juga:

Sebagai informasi, peningkatan status Gunung Slamet dari Level I ke Level II diumumkan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi dalam surat bernomor 458.Lap/GL.03/BGV/2023 yang ditandatangani Kepala PVMBG, Hendara Gunawan.

Pengumuman level tersebut terhitung mulai Kamis (19/10/2023) pukul 08.00 WIB. 

Masyarakat, termasuk wisatawan, diimbau tidak beraktivitas dalam radius dua km dari kawah puncak Gunung Slamet.

Baca juga: Gunung Slamet Sempat Hujan Es, Pertama Kali Terjadi pada Akhir Tahun

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com