Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Terowongan Terpanjang di Dunia, Ada yang Melintasi Gunung

Kompas.com - 30/10/2023, 16:45 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Terowongan merupakan sebuah infrastruktur yang menembus bawah permukaan tanah, gunung, maupun laut. Pada umumnya, terowongan digunakan untuk lalu lintas kendaraan maupun kereta api.

Meskipun memiliki struktur bangunan yang sulit, ada sejumlah terowongan terpanjang di dunia.

Baca juga:

Melansir dari situs We Build Value, terowongan modern pertama dibangun di London pada 1843 di bawah Sungai Thames. Berada 23 meter di bawah permukaan Sungai Thames, terowongan pertama di dunia itu memiliki panjang 396 meter. 

Terowongan terpanjang di dunia

Berikut terowongan terpanjang di dunia, seperti dilansir dari National Geographic, On The Road, dan We Build Value.

1. Terowongan Laerdal, Norwegia

Terowongan Laerdal, Norwegia terowongan terpanjang di dunia
Shutterstock/Vkhom68 Terowongan Laerdal, Norwegia terowongan terpanjang di dunia

Terowongan terpanjang di dunia ini terbentang sepanjang 24,5 kilometer (km). Panjang Terowongan Laerdal ini serupa dengan jarak dari Jakarta Selatan ke Tangerang Selatan.

Terowongan yang dibangun sejak 1995 ini, antara Laerdal dan Aurland di Norwegia. Terowongan yang diresmikan pada 2000 ini, merupakan jalur kendaraan bermotor.

2. Terowongan Yamate, Jepang 

Terowongan terpanjang di dunia selanjutnya adalah Terowongan Yamate di Tokyo, Jepang. Terowongan sepanjang 18,2 km ini, berada di kedalaman 30 meter di bawah tanah.

Konstruksi Terowongan Yamate dimulai pada 1992 dan selesai secara keseluruhan pada 2015. Terowongan Yamate berada di kawasan perkotaan Yamate, yakni di jalan tol Tokyo.

3. Terowongan Zhongnanshan, China 

Terowongan Zhongnanshan berada di Shaanxi, China dengan panjang 18,04 km. Terowongan yang memiliki dua lubang ini, membentang di bawah Gunung Zhongnan.

Pekerjaan konstruksi terowongan dimulai pada 2002 dan selesai pada 2007. Titik terdalam terowongan ini berada di kedalaman 1.640 meter di bawah permukaan gunung.

Baca juga:

4. Terowongan Jinpingshan, China 

Terowongan terpanjang di dunia selanjutnya masih berada di China, yakni Terowongan Jinpingshan. Terowongan yang berada di Sichuan, China ini memiliki panjang 17,54 km.

Terowongan ini mengarah ke Bendungan Jinping, yang merupakan bendungan tertinggi di dunia. Berbeda dengan terowongan pada umumnya, Terowongan Jinpingshan hanya dapat dilalui kendaraan resmi pemerintah dan tidak terbuka untuk kendaraan umum.

5. Terowongan Gotthard, Swiss

Terowongan Gotthard, Swiss, merupakan terowongan kereta api terpanjang di duniaShutterstock/Kraft Stoff Terowongan Gotthard, Swiss, merupakan terowongan kereta api terpanjang di dunia

Terowongan Gotthard merupakan terowongan kereta api terpanjang di dunia yang melalui Pegunungan Alpen, Swiss. Terowongan sepanjang 16,84 km ini, dibangun selama sepuluh tahun dari Mei 1970 hingga September 1980.

Sayangnya, terowongan kereta terpanjang di dunia tengah tutup sementara menyusul insiden tergelincirnya kereta barang di sana.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com