Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/11/2023, 12:02 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya menjadi salah satu venue laga Piala Dunia U17 2023. Pertandingan sepak bola tersebut akan digelar pada pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

Selain Stadion Gelora Bung Tomo, ada tiga venue lainnya, yakni Jakarta International Stadium (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), dan Stadion Manahan (Solo), seperti dikutip dari Kompas.com (8/8/2023).

Baca juga:

Penonton yang menyaksikan laga sepak bola tersebut, dapat mampir ke sejumlah tempat wisata dekat venue Piala Dunia U17 2023. Kompas.com merangkum wisata dekat Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya sebagai berikut.

Wisata dekat Stadion Gelora Bung Tomo 

Stadion Gelora Bung Tomo atau dikenal sebagai Stadion GBT adalah sebuah stadion serbaguna yang merupakan bagian dari kompleks olahraga Surabaya Sport Center.

Lokasinya berada di Surabaya barat, tepatanya di Benowo, Kecamatan Pakal, Surabaya, sekitar 22 kilometer (km) atau 33 menit berkendara dari pusat Kota Surabaya. Berikut wisata dekat Stadion Gelora Bung Tomo.

1. Taman Hutan Raya Pakal

Taman Hutan Raya (Tahura) Pakal, Surabaya, salah satu wisata dekat Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya.Dok. https://bappedalitbang.surabaya.go.id/ Taman Hutan Raya (Tahura) Pakal, Surabaya, salah satu wisata dekat Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya.

Taman Hutan Raya (Tahura) Pakal merupakan kawasan ekowisata yang berada di tengah perkotaan. Kawasan seluas 6,5 hektare ini, ditumbuhi dengan pohon cemara udang sehingga menawarkan suasana sejuk.

Pengunjung bisa menjumpai danau buatan, gazebo, dan beragam wahana di Tahura Pakal. Berdasarkan informasi dari Kompas.com (29/1/2023), Pemkot Surabaya menambahkan wahana wisata mobil offroad di Tahura Pakall untuk menyambut Piala Dunia U17.

Selain mobil offroad, sejumlah wahana lain tersedia di obyek wisata ini, seperti flying fox, outbond, camping ground, dan sebagainya. Tahura Pakal berjarak sekitar 4,5 km dari Stadion Gelora Bung Tomo.

2. Romokalisari Adventure Land

Romokalisari Adventure Land, salah satu wisata dekat Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya.KOMPAS.COM/GHINAN SALMAN Romokalisari Adventure Land, salah satu wisata dekat Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya.

Romokalisari Adventure Land adalah obyek wisata yang baru buka pada 2022 lalu. Melansir dari Antara dalam Kompas.com (26/9/2022), obyek wisata ini menawarkan beragam wahana antara lain playground, mini zoo, arena berkuda, ATV, kano, sekoci, dan jetski yang mengitari kawasan hutan mangrove.

Harga tiket setiap wahana bervariasi, mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 50.000 per orang. Selain beragam wahana, obyek wisata seluas  76.769 meter persegi ini, dilengkapi dengan sarana edukasi dan stand UMKM.

Romokalisari Adventure Land berada di  Romokalisari, Kecamatan Benowo, sekitar 9 km dari Stadion Gelora Bung Tomo.

Baca juga:

3. Wisata Sontoh Laut 

Wisata Sontoh Laut adalah wisata bahari dan mangrove di sisi barat Surabaya. Berdasarkan informasi dari Jadesta Kemenparekraf, ada ribuan burung mangrove di kawasan wisata ini, seperti burung kuntul, belibis, kowak, blekok, tenggaraan, dan sebagainya.

Pengunjung juga bisa menjumpai Kampung Warna Warni di Wisata Sontoh Laut, berdasarkan informasi dari Tribun Jatim.

Obyek wisata yang baru buka pada akhir 2021 ini, berlokasi di Jalan Greges Timur, Gang Bunyuk Indah, Kelurahan Greges, Kecamatan Asemrowo, sekitar 13 km dari Stadion Gelora Bung Tomo.

4. Pakuwon Mall 

Pakuwon Mall SurabayaShutterstock Pakuwon Mall Surabaya

Pakuwon Mall merupakan salah satu pusat perbelanjaan dan hiburan ternama di Surabaya barat. Melansir situs resminya, mal ini berdiri sejak 2003 dengan nama Supermal Pakuwon Indah.

Berdiri di atas lahan seluas 30 hektare, Pakuwon Mall merupakan one stop place untuk pusat perbelanjaan, tempat makan, dan hiburan. Pakuwon Mall juga menyediakan convention center, ballroom, dan atrium serbaguna. 

Kini, Pakuwon Mall berkembang menjadi superblock terbesar di Surabaya barat, dengan konsep one stop living, yang terdiri dari Supermal Extension, Supermal Mansion, The Ritz Mansion, Orchard Mansion, Tanglin Apartment, dan beberapa hotel. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com