Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/11/2023, 12:13 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jembatan kaca Sky Bridge Kemuning Sky Hills di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, menyediakan sampel kaca untuk diuji coba oleh pengunjung sebelum memasuki jembatan tersebut.

"Benar, terdapat sampel kaca yang diletakkan di area sebelum memasuki jembatan kaca," kata Admin The Lawu Group, pengelola tempat wisata tersebut, bernama Zahra saat dikonfirmasi Kompas.com, Minggu (5/11/2023).

Baca juga:

Dilansir dari keterangan resmi The Lawu Group, sampel kaca ini disediakan agar pengunjung bisa menguji coba kekuatan kaca.

General Manager The Lawu Group, Muhammad Fajri menyampaikan bahwa kaca yang dijadikan sampel menggunakan material yang sama dengan kaca di jembatan.

 

Adapun kaca yang digunakan berjenis tempered glass, yang dilaminasi dengan teknologi interlayer PVB. Fungsinya untuk menjaga kaca dari benturan dan tekanan.

Kemuning Sky Hills di Karanganyar, Jawa Tengah, obyek wisata dengan wahana unggulan jembatan kaca sepanjang 65 meter di atas kebun tehDok. Instagram @kemuningskyhills Kemuning Sky Hills di Karanganyar, Jawa Tengah, obyek wisata dengan wahana unggulan jembatan kaca sepanjang 65 meter di atas kebun teh

Jembatan ini menggunakan tiga lapis kaca, masing-masing memiliki ketebalan satu sentimeter (cm).

"Kaca yang digunakan tersertifikasi dan berstandar SNI (Standar Nasional Indonesia)," kata Fajri, Minggu (5/11/2023).

Ia melanjutkan, setiap lembar kaca mampu menahan beban hidup kurang lebih 280 kilogram per meter persegi. Jembatan kaca ini memiliki luas penampang sekitar 245 meter persegi maka dari itu total muatan yang bisa ditampung yakni sekitar 600 orang.

Baca juga:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com