Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/11/2023, 17:50 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Malang menyimpan sejumlah destinasi wisata alam yang mempesona. Salah satunya adalah wisata Sumber Maron yang berlokasi di Desa Karangsuko, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang.

Nama wisata Sumber Maron memang belum begitu tenar di kalangan wisatawan. Namun, obyek ini memiliki pesona yang tidak kalah menarik dengan wisata Malang lainnya.

Baca juga:

Daya tarik wisata Sumber Maron Malang 

Daya tarik utama wisata Sumber Maron Malang adalah keberadaan air terjun setinggi lima meter, yakni Grojogan Sewu. Air terjun tersebut mengalir ke sungai yang masih jernih dan asri, berdasarkan informasi dari Tribun Surabaya.

Pengunjung wisata Sumber Maron Malang dapat bermain di sekitar air terjun. Selain itu, mereka bisa menjajal keseruan river tubing sepanjang aliran sungai.

Berdasarkan informasi dari Kompas.com (30/1/2017), pengunjung yang ingin menjajal river tubing di wisata Sumber Maron bisa menyewa ban dengan tarif hanya Rp 5.000. Nantinya, wisatawan bisa menyusuri sungai sepanjang 500 meter.

Selama menyusuri sungai, wisatawan akan dimanjakan dengan panorama pepohonan hijau, air sungai yang segar, serta udara sejuk di kawasan wisata Sumber Maron Malang.

Wisata Sumber Maron, MalangShutterstock/Denis Moskvinov Wisata Sumber Maron, Malang

Selain river tubing, wisatawan juga bisa berenang untuk merasakan kesegaran air Sumber Maron Malang. Namun, pengunjung diimbau untuk tetap berhati-hati selama berenang karena kedalaman sungai maksimal dua meter, di mana semakin ke tengah semakin dalam.

Wisata Sumber Maron juga menjadi lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH), seperti dikutip dari situs Dinas Pekerjaan Umum dan Sumber Daya Air Kabupaten Malang. Keberadaan pembangkit listrik tersebut menjadi wisata edukasi bagi pengunjung.

Pengunjung mendapat kesempatan untuk mempelajari cara kerja PLTMH, dalam memasok listrik untuk empat desa sekitar Sumber Maron. Pembangkit listrik ini menjadi salah satu sumber listrik utama bagi Desa Karangsuko, Desa Sukosari, Desa Gondanglegi Kulon, dan Desa Panggungrejo, Kabupaten Malang.

Obyek wisata ini memiliki fasilitas yang cukup memadai, seperti toilet, gazebo, musholla, warung, dan area parkir. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com