Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/11/2023, 17:03 WIB
M. Elgana Mubarokah,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Sejauh ini belum terlihat dan tercatat adanya peserta Piala Dunia U-17 dan warga negara asing (WNA) yang mengunjungi obyek wisata di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud) Kabupaten Bandung, Wawan A. Ridwan.

"Sampai saat ini kami belum mendapatkan informasi kaitan dengan atlet dan WNA yang berkunjung ke obyek wisata yang ada di sini (Kabupaten Bandung)," kata Wawan A. Ridwan saat dikonfirmasi Kompas.com melalui saluran telepon, Selasa (14/11/2023).

Baca juga:

Meski begitu, ia melanjutkan, telah ada rapat koordinasi (rakor) dengan FIFA (Federasi Sepak Bola Dunia) dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) terkait masa jeda saat Piala Dunia U-17.

Dalam rakor itu, kata Wawan, para penyelenggara Piala Dunia U-17, peserta, dan WNA direncanakan akan mengunjungi beberapa obyek wisata di Kabupaten Bandung.

"Karena kalau tidak salah kemarin kita rapat dengan FIFA dan Kemenpora itu nanti ada kegiatan di sesi jeda yang diharapkan oleh kami untuk memfasilitasi mereka atau delegasi yang akan berkunjung ke wilayah Kabupaten Bandung," jelasnya.

Untuk itu, pihaknya tengah mempersiapkan pelbagai fasilitas di obyek wisata yang ada di Kabupaten Bandung.

Baca juga:

Pemandangan Danau Kawah Putih di Desa Alam Endah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat yang mengalami kekeringan sejak sebulan laluKOMPAS.COM/M. Elgana Mubarokah Pemandangan Danau Kawah Putih di Desa Alam Endah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat yang mengalami kekeringan sejak sebulan lalu

"Termasuk kita menawarkan ke FIFA manakala ada kontingen atau delegasi yang berminat untuk datang ke objek wisata di Kabupaten Bandung, kita siapkan memfasilitasi," lanjutnya.

Beberapa lokasi wisata yang tengah dipersiapkan, kata dia, merupakan obyek wisata yang masuk ke dalam kategori obyek wisata favorit yang berada di Ciwidey dan Pangalengan.

"Ada glamping (glamour camping), Rengganis, Kawah Putih, wilayah Pangalengan yang menjadi icon wisata di Kabupaten Bandung. Kemarin kita sudah koordinasi dengan Dinas Provinsi dan Kemenpora ada beberapa destinasi wisata yang menjadi favorit di wilayah Kabupaten Bandung, khususnya wisata alam," jelas Wawan.

Baca juga:

Meski sudah melaksanakan rakor, pihaknya menyebut, sampai saat ini masih belum mendapatkan informasi lanjutan terkait agenda tersebut. Pasalnya, lanjut dia, regulasi FIFA cukup ketat.

"Maklum, karena ini event (acara) internasional kita tidak bisa sembarang membuat jadwal atau kegiatan di luar agenda FIFA," katanya.

Sebagai informasi, dilaporkan oleh Kompas.com, Selasa (7/11/2023), Piala Dunia U-17 diadakan dari Jumat (10/11/2023) sampai Sabtu (2/12/2023) di empat stadion yaitu Jakarta International Stadium di Jakarta, Stadion Si Jalak Harupat di Bandung, Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya, dan Stadion Manahan di Surakarta.

Baca juga: Khofifah Optimistis Piala Dunia U-17 Bermanfaat untuk Pariwisata Jawa Timur

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com