Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Piala Dunia U-17, Dorong Sport Tourism di Indonesia

Kompas.com - 14/11/2023, 06:06 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyebutkan, Piala Dunia U-17 Indonesia memberikan dampak positif bagi pergerakan ekonomi dan pariwisata.

Salah satunya dari segi belanja atau pengeluaran para pemain tim sepakbola dan para pendukung yang datang dalam waktu cukup lama.

“Kalau kami melihat sekitar spending (satu orang) 1.000-1.500 dollar AS, maka total spending kami perkirakan antara 2-5 juta dollar AS dari tim dan pendukungnya,” kata dia dalam The Weekly Brief with Sandi Uno di Jakarta, Senin (13/11/2023).

Baca juga: Low Season, Piala Dunia U-17 Diharapkan Dongkrak Kunjungan Wisatawan di DIY

Namun, ia memperkirakan pergerakan ekonomi secara menyeluruh kemungkinan akan jauh lebih tinggi daripada 2-5 juta dollar AS (sekitar Rp 31-78 miliar).

Angka tersebut, kata Sandiaga, merupakan perkiraan total pengeluaran selama tiga hari Piala Dunia U17 tengah berlangsung, sejak 10 November 2023.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas.com (@kompascom)

Untuk dampak terhadap pariwisata, Sandiaga menyampaikan penyelenggaraan event internasional ini mampu menambah kunjungan wisatawan mancanegara hingga di atas 20.000 kunjungan.

Selain belanja, ia menjelaskan, pihaknya juga menyiapkan paket wisata untuk para pemain. Termasuk juga untuk keluarga, pendukung, dan para penggemar.

Baca juga: Nonton Piala Dunia U-17 di Stadion Si Jalak Harupat, Bisa Naik Shuttle Bus

“Sehingga setelah Piala Dunia U17 ini mereka memperpanjang tinggal di Indonesia dengan mengunjungi destinasi-destinasi wisata,” kata dia.

Dorong sport tourism di Indonesia

Sandiaga juga mengungkapkan target ke depan setelah Piala Dunia U-17 digelar mulai 10 November-2 Desember 2023.

Tak hanya melihat nominal, ia menilai akan adanya dampak terhadap pemberdayaan manusia hingga produk olahraga.

Selebrasi striker timnas U17 Indonesia Arkhan Kaka saat berhasil menjebol gawang Panama pada laga Grup A Piala Dunia U17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Senin (13/11/2023).KOMPAS.com/Suci Rahayu Selebrasi striker timnas U17 Indonesia Arkhan Kaka saat berhasil menjebol gawang Panama pada laga Grup A Piala Dunia U17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Senin (13/11/2023).

“Kamu melihatnya bukan dari nominal dollar-nya saja tapi dampak terhadap pemberdayaan, produk-produk olahraga, dan juga sport tourism. Sama semakin meningkatnya minat anak-anak muda untuk mendalami olahraga sepakbola,” tutur dia.

Oleh karena itu, ia menyebut dampaknya tidak hanya dalam nominal rupiah seminggu atau dua minggu ke depan, melainkan investasi untuk jangka panjang.

Baca juga: Khofifah Optimistis Piala Dunia U-17 Bermanfaat untuk Pariwisata Jawa Timur

“Jadi saya ingin mengajak seluruh penggemar sepak bola dan masyarakat Indonesia untuk menggunakan kesempatan ini karena ini enggak datang dua atau tiga kali ke depan,” ujarnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com