Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkatkan Keamanan, KAI Lakukan Inspeksi Jalur Mudik Lebaran 2024

Kompas.com - 06/03/2024, 09:01 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero) melakukan inspeksi jalur mudik ke berbagai wilayah di Pulau Jawa mulai Selasa (5/3/2024) sampai Kamis (7/3/2024), tujuannya memeriksa kesiapan jelang periode mudik Lebaran 2024.

"Guna memenuhi harapan dari masyarakat yang membutuhkan jasa angkutan kereta api yang aman dan nyaman untuk mudik, KAI melakukan inspeksi menyeluruh di pulau Jawa," kata Direktur Pengelolaan Prasarana KAI, Heru Kuswanto dalam siaran resmi, Rabu (6/3/2024).

Baca juga: Server KAI Padat Pengunjung, Ini Tips Dapat Tiket Kereta Lebaran

Inspeksi ini dilakukan menggunakan Kereta Api Inspeksi (KAIS) ke dua jalur perjalanan kereta api di Pulu Jawa.

Pertama yaitu jalur utara, dimulai dari Stasiun Gambir menuju Stasiun Cirebon, Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Surabaya Pasarturi, Stasiun Ketapang, hingga berakhir di Stasiun Surabaya Gubeng.

Kedua yaitu jalur selatan, dimulai dari Stasiun Gambir, Stasiun Bandung, Stasiun Purwokerto, Stasiun Yogyakarta, Stasiun Madiun, Stasiun Malang, dan juga berakhir di Stasiun Surabaya Gubeng.

"Inspeksi yang dilakukan mencakup aspek keselamatan dan pelayanan," ucap Heru. 

Baca juga:

Stasiun Surabaya Gubeng Shutterstock/Rini Indra Stasiun Surabaya Gubeng

Pada inspeksi ini, KAI melakukan identifikasi titik-titik rawan yang harus dijaga ekstra, seperti antisipasi titik rawan banjir dan longsor.

Dalam antisipasi ini KAI menyiagakan 842 petugas pemeriksa jalur ekstra, petugas penjaga pintu perlintasan ekstra, serta petugas posko daerah pemantauan khusus esktra.

Di samping itu, KAI juga menyiapkan strategi manajemen krisis bernama AMUS (Alat, Material, Untuk Siaga).

Strategi tersebut selain menyiagakan tim personel lapangan khusus, juga menyediakan alat dan material yang ditempatkan tersebar di sepanjang jalur kereta api. Tujuannya, jika dalam keadaan darurat, perbaikan dapat segera dilakukan.

Baca juga: KAI Terapkan Sistem Antrean Online untuk Beli Tiket Kereta Api

Tidak hanya itu, KAI juga membina seluruh petugas KAI di lintas agar memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat jelang periode Angkutan Lebaran 2024.

“Saya berpesan kepada seluruh insan KAI untuk terus mengutamakan keselamatan perjalanan kereta api dengan selalu melaksanakan tugas pokok dan fungsi masing-masing serta selalu peduli terhadap lingkungan kerja,” pungkas Heru.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com