Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara di Gujarat India Naik Status 10 Hari untuk Pernikahan Konglomerat

Kompas.com - 06/03/2024, 21:05 WIB
Zeta Zahid Yassa,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

Sumber The Hindu

KOMPAS.com - Bandara Jamnagar di Gujarat, India telah dinaikkan statusnya dari bandara domestik menjadi bandara internasional hanya untuk 10 hari. 

Peningkatan status ini lantaran bandara tersebut akan digunakan sebagai pintu masuk para tamu undangan untuk rangkaian pesta pernikahan anak orang terkaya di Asia, Anant Ambani dan Radhika Merchant.

Anant Ambani sendiri merupakan anak Mukesh Ambani, konglomerat asal India. Pesta pernikahan ini mengundang banyak tokoh dan selebriti di antaranya Bill Gates, Rihanna, Mark Zuckerberg, Ivanka Trump, dan beberapa Perdana Menteri.

Baca juga: Bill Gates, Zuckerberg, Sundar Pichai Kondangan Bareng ke Anak Crazy Rich India

Mengutip dari Thehindu.com (04/03/2024) Seorang pejabat bandara menyatakan bahwa Bandara Jjamnagar dapat menerima penerbangan internasional mulai dari 25 Februari hingga 5 Maret 2024.

Pemerintah Persatuan melalui Kementerian Kesehatan, Kementerian Keuangan, dan Kementerian Dalam Negeri telah menyediakan sumber daya untuk mendirikan fasilitas Bea Cukai, Imigrasi, dan Karantina (CIQ) di bandara.

Bandara Jamnagar adalah bandara militer yang juga melayani penerbangan komersial. Otoritas Bandara India (AAI) telah membangun terminal penumpang di sana.

Namun, untuk acara istimewa putra bungsu miliarder Mukesh Ambani, IAF (Indian Air Force) telah memberikan izin untuk masuk ke area "teknis militer" yang bersifat sensitif.

Baca juga:

Dalam persiapan untuk kedatangan tamu yang besar, AAI juga memperluas ukuran gedung penumpangnya dari 475 meter persegi menjadi 900 meter persegi.

Perluasan gedung ini bertukuan untuk menampung hampir 360 penumpang selama jam sibuk dibandingkan kapasitas sebelumnya yang hanya dapat menampung 180 penumpang.

Bandara juga meningkatkan jumlah tenaga kerja di setiap lini kerja, terhitung ada penambahan 35 staf kebersihan dari sebelumnya sebanyak 16 orang. 

Pemerintah negara bagian juga menggandakan penempatan personel keamanan dari 35 menjadi 70 agen penanganan darat dan jumlah staf dari 65 menjadi 125 orang.

Selain beberapa jet pribadi yang membawa tamu dari berbagai negara dan dalam negeri, Air India Express juga mengoperasikan tiga pesawat Boeing 737 berkapasitas 180 penumpang yang akan melakukan total 18 penerbangan.

Maskapai regional berbasis Bangalore, Star Air, juga menempatkan pesawat Embraer E175 berkapasitas 76 penumpang untuk mengangkut tamu.

Baca juga: Terungkap Honor Rihanna Saat Nyanyi di Pesta Pernikahan Putra Miliuner India

SpiceJet juga mengoperasikan penerbangan kargo pada tanggal 26 Februari, membawa makanan internasional. Bandara ini kedatangan empat penerbangan kargo selama periode seminggu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com