Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Maskapai Asal India Akan Buka Penerbangan Langsung ke Bali

Kompas.com - 23/10/2023, 19:17 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua maskapai penerbangan asal India, Vistara dan Indigo Airlines, akan membuka penerbangan langsung dari India ke Bali.

Berdasarkan siaran resmi Vistara kepada Kompas.com, Senin (23/10/2023), penerbangan langsung Vistara akan melayani rute dari Delhi, India, ke Denpasar, Bali, dan akan beroperasi mulai Jumat (1/12/2023).

Baca juga:

"Karena tidak ada penerbangan langsung ini (dari India ke Indonesia) kami langsung berkoordinasi dengan Vistara dan Indigo, dan mereka ternyata juga mendapatkan respons yang sangat baik," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam Weekly Press Briefing di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (23/10/2023).

Ia melanjutkan, pihaknya telah melakukan penjajakan terkait penerbangan langsung dari India ke Indonesia selama kurang lebih enam bulan belakangan.

Hal ini mengingat India merupakan pasar terbesar kedua ke Indonesia setelah Australia.

"India itu wisatawan kedua terbesar (yang datang ke Indonesia) setelah Australia. Berarti mereka masuk (ke Indonesia) dari Ho Chi Minh, Bangkok, Kuala Lumpur, dan dari Singapura," ujar Menparekraf.

Baca juga: Indonesia Kini Punya Penerbangan Langsung ke India

Ilustrasi wisatawan mancanegara di Bali.Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ilustrasi wisatawan mancanegara di Bali.

Sebelumnya, ia melanjutkan, maskapai penerbangan asal Indonesia, Batik Air juga sudah membuka penerbangan langsung dari Chennai, India, menuju Bandara Kualanamu Medan, Sumatera Utara.

Ia berharap dibukanya penerbangan langsung dari Delhi dan Mumbai ke Jakarta dan Denpasar, akan membuka lebih besar peluang wisatawan India datang ke Indonesia.

Sebelumnya dilaporkan oleh Kompas.com, Senin (7/8/2023), Indigo sudah membuka penerbangan pertamanya ke Indonesia dengan rute Mumbai-Jakarta pergi-pulang (PP) sejak awal Agustus 2023.

Baca juga:

Daya tarik destination wedding

Menparekraf mengatakan, salah satu daya tarik wisatawan asal India datang ke Indonesia, terutama ke Bali, yakni karena destination wedding (destinasi untuk acara pernikahan).

"Wisatawan India ini sangat tertarik ke Bali karena destination wedding. Jadi mereka ingin menikah di Bali karena ada kesamaan kultur, alam yang indah, budayanya yang sangat indah, dan meriah," jelasnya.

Melihat hal ini, diharapkan dapat mengundang lebih banyak wisatawan mancanegara (wisman) berkualitas dan berkelanjutan, terutama dari pasar India ke Bali.

Baca juga: Mengintip Kemeriahan di Little India Singapura Jelang Deepavali

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com