Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20.000 Penumpang Padati Stasiun Yogyakarta Saat Libur Panjang Nyepi

Kompas.com - 10/03/2024, 12:01 WIB
Wisang Seto Pangaribowo,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Libur panjang Hari Raya Nyepi 2024, terdapat 46.314 pelanggan KA jarak jauh turun atau datang di seluruh Stasiun Daop 6. 

Manager Humas Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro merinci pada hari Jumat (8/3) jumlah kedatangan pelanggan KA jarak jauh di seluruh stasiun Daop 6 mencapai 23.668 pelanggan, sedangkan pada Sabtu (9/3/2024) mencapai 22.646 pelanggan.

Jumlah ini mengalami peningkatan 21 persen dari periode Jumat-Sabtu (1-2 Maret 2024) atau minggu sebelumnya yang mencapai 38.221 pelanggan.

Baca juga: Pemprov DI Yogyakarta Percepat Pengadaan Melalui Platform Digital

"Kami mencatat 5 stasiun dengan tingkat kedatangan tertinggi pada tanggal 8 hingga 9 Maret 2024 adalah Stasiun Yogyakarta dengan 20.494 pelanggan, Stasiun Lempuyangan dengan 9.803 pelanggan, Stasiun Solobalapan dengan 8.117 pelanggan, Stasiun Klaten dengan 2.708 pelanggan, dan Stasiun Purwosari dengan 2.232 pelanggan," bebernya dalam keterangan tertulis, Minggu (10/3/2024).

Para pelanggan KA yang turun di Daop 6 berasal dari kota-kota seperti Jakarta, Bandung, Purwokerto, Surabaya, Malang, dan Banyuwangi.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

"Untuk jumlah keberangkatan pelanggan dari seluruh stasiun di Daop 6 juga tak kalah banyaknya. Pada periode Jumat hingga Sabtu (8-9 Maret 2024) terdapat sebanyak 44.343 pelanggan KA jarak jauh naik atau berangkat dari seluruh Stasiun Daop 6," kata dia.

Pada Jumat (8/3) jumlah keberangkatan pelanggan KA jarak jauh dari seluruh stasiun Daop 6 mencapai 22.717 pelanggan, sedangkan pada Sabtu (9/3) mencapai 21.626 pelanggan.

Baca juga: Ditolak Warga, Penggunaan TPA Piyungan untuk Pengolahan Sampah Kota Yogyakarta Ditunda

Daop 6 mengimbau kepada pelanggan untuk mengatur perjalanan dengan baik agar tidak kehabisan tiket KA selama masa libur panjang Hari Raya Nyepi dan awal Ramadhan, terutama untuk arus balik nantinya.

Perhatikan kembali saat memasukkan data diri pemesanan dan juga jadwal keberangkatan kereta.

Manfaatkan fitur Connecting Train

Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal dan rute alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi Access by KAI.

Cara beli tiket kereta api untuk Lebaran 2024 via Access by KAI.PT Kereta Api Indonesia Cara beli tiket kereta api untuk Lebaran 2024 via Access by KAI.

Fitur ini membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan.

Dalam menyediakan layanan transportasi kereta api khususnya di masa long weekend, Daop 6 memastikan akan mengantarkan masyarakat dengan aman dan bebas dari kemacetan di jalan raya.

Baca juga: Candra Panatacara Panggih Pengantin: Gagrak Yogyakarta

Sehingga momen liburan bersama keluarga atau kawan dapat dinikmati pelanggan dengan nyaman dan menyenangkan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com